Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Aturan Teknis Ojek Online Saat PSBB Ketat

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 14 September 2020 hingga dua pekan ke depan, Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat. Sejumlah kegiatan pun mulai dibatasi kembali.

Walau demikian, pelaksanaan PSBB ketat kali ini rupanya tak seketat seperti pelaksanaan pada awal pandemi.

Karena meski transportasi umum dibatasi jam operasional dan jumlah penumpangnya, ternyata untuk ojek online (ojol) atau ojek pangkalan (opang) masih boleh beroperasi normal dengan membawa penumpang.

Namun demikian, tetap ada aturan mainnya yang tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinisi DKI Jakarta Nomor 156 Tahun 2020 tentang Petunjuk Tekni Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Bidang Transportasi.

Pada poin pertama dibutir kelima disebutkan bila ojol dan opang diperbolehkan beroperasi normal dengan membawa penumpang, namn dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tak hanya itu saja, ada juknis lainnya yang ikut dijabarkan.

Berikut isi lengkap aturan untuk ojol dan opang di masa PSBB ketat dalam putusan kelima juknis PSBB ketat pada bidang transportasi ;

Pembatasan operasional ojek online dan/atau ojek pangkalan diatur sebagai berikut ;

1. Ojek online dan ojek pangkalan diperbolehkan mengangkut penumpang dengan menerapkan protokol kesehatan.

2. Pengemudi ojek online dan ojek pangkalan dilarang berkerumun lebih dari lima orang dan menjaga jarak parkir antar sepeda motor minimal dua meter saat menunggu penumpang.

3. Perusahaan aplikasi wajib menerapkan teknologi informasi geofencing agar pengemudi yang berkerumun pada satu titik lokasi tidak mendapatkan order perjalanan penumpang.

4.Dalam hal ketentuan pembatasan operasional sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan 2 tidak dipatuhi/dipenuhi oleh pengemudi dan perusahaan aplikasi, maka dilakukan pelarangan kegiatan pengangkutan penumpang.

5. Pengawasan pembatasan operasional sebagaimana dimaksud pada angka 4 dilakukan selama tiga hari sejak diberlakunya keputusan ini dan menjadi dasar evaluasi dilakukan pelarangan kegiatan pengangkutana penumpang.

Untuk aturan taksi online sendiri, secara garis besar masih sama. Ada aturan jumlah penumpang dan formasi tempat duduk yang harus ditaati selam wajib mengenakan masker.

Bagi taksi dua baris, hanya diperbolehkan membawa dua penumpang dengan komposisi 1 pengemudi dan 2 penumpang di belakang.

Sedangkan untuk mobil tiga baris, maksimal membawa tiga penumpang, dengan komposisi 1 pengemudi di depan, 2 penumpang di tengah, dan 1 penumpang di baris paling belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/14/134100115/begini-aturan-teknis-ojek-online-saat-psbb-ketat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke