Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banderol Honda CT125 Sampai Rp 75 Juta, Bikin Cuma Modal Rp 20 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CT125 akhirnya resmi dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor bebek ini masuk kategori motor premium, karena harganya yang sangat fantastis.

Diimpor secara utuh alias Completely Built Up (CBU) dari Thailand, CT125 dibanderol Rp 75 juta (OTR Jakarta). Spesifikasi mesinnya bisa dibilang mirip dengan Supra X 125.

Ada cara lain untuk memiliki CT125, yakni dengan membangunnya sendiri dari basis motor bebek Honda lawas. Seperti yang dilakukan oleh Anto Pasa, dari Desth Motorcycle, yang melakukannya dengan basis dari Astrea Prima.

Anto mengatakan, untuk membuat bebek Honda CT, bisa menggunakan beberapa pilihan rangka dan mesin. Biasanya, untuk rangka bisa dari C50 atau yang biasa dijuluki "pispot".

"Selain itu, dari Astrea Star juga bisa. Bedanya kan kalau dari Astrea Star, Astrea Grand, atau C70, itu tangkinya menyatu. Kalau di C50 kan tangkinya bisa dipisah, seperti CT aslinya," ujar Anto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Anto menambahkan, untuk kaki-kaki sama saja. Suspensi depan bisa pakai punya Honda Win 100. Sebab, ukuran suspensinya kecil, lebih ramping, jadi lebih proporsional.

"Selain itu, tinggal pasang saja, tidak perlu ubah komstir. Setangnya juga pakai Win 100, lalu tromol bisa pakai milik Grand atau Prima," kata Anto.

Untuk swingarm, Anto mengatakan, bisa pakai punya Kawasaki W175. Sebab, modelnya kotak, seperti CT aslinya. Selain itu, juga lebih modern dan kecil.

"Budget sekitar Rp 15 jutaan sampai Rp 18 jutaan, itu sudah termasuk cat dan lain-lain. Cukup bawa mesin saja, nanti rangka dan lain-lain kita sediakan," ujar Anto.

Anto menyarankan, sebaiknya rangka dari motor bawaannya juga dibawa. Jadi, nomor rangkanya bisa dipindah agar surat-suratnya bisa sesuai dengan nomor mesin juga.

"Kalau mau yang kapasitas mesinnya 125 cc, bisa juga pakai Honda Karisma 125 atau Honda Kirana," kata Anto.

Di beberapa situs jual beli online, Karisma 125 harga pasarannya sekitar Rp 3,5 jutaan. Sementara Kirana, masih lebih tinggi, yakni Rp 4 jutaan, bahkan ada yang Rp 5 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/22/072200415/banderol-honda-ct125-sampai-rp-75-juta-bikin-cuma-modal-rp-20-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke