Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlengkapan Wajib Jika Sering Mengemudi Malam Hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang lebih senang berkendara pada malam hari dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang paling umum adalah bisa menghindari kepadatan jalan.

Namun, tak banyak yang sadar bahwa berkendara di malam hari juga memiliki nilai negatif. Meski tidak menemui kemacetan, tapi potensi kecelakaan tetap ada.

Rifat Sungkar, Direktur Rifat Drive Labs (RDL), mengatakan, tidak ada salahnya bagi pengendara mobil untuk menyertakan segitiga pengaman dan rompi dengan reflektor. Sebab, keduanya akan berfungsi ketika mobil mengalami masalah di jalan.

"Karena keduanya sangat membantu ketika sedang tidak terlihat. Penggunaan rompi dengan reflektror akan membuat orang terlihat jelas saat kondisi darurat," ujar Rifat, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Rifat menambahkan, tak sedikit kasus kecelakaan yang menimpa pengguna jalan tol yang sedang memperbaiki ban mobil di pinggir jalan. Kebanyakan korban terserempet mobil yang sedang melaju kencang.

Menurut Rifat, demi keamanan pengemudi, bisa juga menambahkan stiker dengan reflektor di bagian belakang mobil. Penggunaan stiker ini juga bisa digunakan oleh truk dan bus.

"Ini berkaca seperti di luar negeri, di bagian belakang diberikan stiker dengan reflektor persegi dengan ukuran besar di belakang. Pengguna jalan lainnya jadi tahu, meski dari jauh, ada kendaraan besar di depan," kata Rifat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/18/112200615/perlengkapan-wajib-jika-sering-mengemudi-malam-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke