Salin Artikel

Kunci Pengaman Magnetis pada Motor, Efektif Tangkal Maling?

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sepeda motor modern yang diproduksi oleh pabrikan lazim  dibekali kunci kontak berpengaman dengan penutup magenetis. Beberapa produsen ada menyebutnya dengan Secure Key Shutter atau Magnetic Key Shutter.

Kunci kontak yang sudah menggunakan pengaman ini dianggap cukup efektif untuk mengurangi risiko motor hilang dicuri oleh maling. Sebab, maling jadi harus memakan waktu lebih banyak untuk membuka kunci kontak.

Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, mengatakan, kunci kontak tersebut saat sangat bagus kegunaannya. Karena, pengaman tersebut memang agak sedikit sulit dan menghambat jika akan dibobol maling.

“Sebaiknya, untuk semakin mengurangi risiko motor hilang dicuri maling, arahkan setang ke kanan saat akan menguncinya. Dengan posisi seperti itu, akan semakin membatasi ruang gerak di saat maling ingin merusak kunci kontak,” ujar pria yang akrab disapa Herman kepada Kompas.com.

Namun menurut Herman, meski cara ini dinilai cukup efektif bukan berarti tidak bisa dibobol.

“Pada kasus pencurian yang ekstrem, masih bisa dibobol dengan cara dipukul paksa,” kata Herman.  

Idealnya, memang tidak bisa hanya mengandalkan kunci kontak berpenutup mangenetis tersebut. Sebaiknya, tetap gunakan kunci pengaman tambahan untuk semakin menyulitkan maling dalam melakukan pencurian motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/27/094200115/kunci-pengaman-magnetis-pada-motor-efektif-tangkal-maling-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.