Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Knalpot Motor yang Berasap, Tanda Apakah Itu?

JAKARTA, KOMPAS.com - Knalpot merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai tempat pembuangan hasil pembakaran. Oleh sebab itu, baik atau tidak proses pembakaran motor dapat dilihat dari instrumen yang satu ini.

Contohnya adalah asap yang dikeluarkan dari knalpot. Jika asap terlalu banyak alias ngebul, dapat dipastikan mesin sedangan mengalami masalah, utamanya pada proses pembakaran.

Untuk ukuran motor 4 tak, mengebulnya asap bisa terjadi di semua jenis motor, baik bebek, skutik, maupun sport.

Kepala Mekanik Bengkel AHASS Depok, Syamsuddin, mengatakan, ada dua penyebab asap mengebul. Yang pertama akibat bahan bakar, yang kedua karena oli.

“Kalau ngebul karena bahan bakar, asapnya hitam, pembakaran akan lebih boros. Tapi kalau putih yang terbakar cenderung oli,” ujar Syamsuddin saat dihubungi Kompas.com.

Asap mengebul warna hitam cenderung terjadi pada motor dengan sistem pembakaran yang menggunakan karburator. Namun, menurut Syamsuddin, kondisi seperti ini sangat jarang terjadi pada motor injeksi.

Itulah sebabnya seiring dengan semakin banyaknya peredaran motor injeksi, kasus asap mengebul sudah jarang ditemui.

Syamsuddin melanjutkan, untuk kasus asap mengebul dari motor karburator biasanya terjadi karena memang ada kerusakan atau karena salah penyetelan. Karena masih mengandalkan penyetelan manual, motor karburator berpotensi menimbulkan asap hitam jika mekanik salah melakukan penanganan.

Hal ini berbeda dengan motor injeksi yang penyetelannya sudah dibantu sistem komputerisasi seingga potensi salah penanganan bisa diminimalkan. Kalaupun motor injeksi mengeluarkan asap, biasanya asap putih yang disebabkan dua kerusakan pada salah satu komponen motor.

“Kalau karbu nyetelnya tidak bagus, asap akan ngebul hitam. Kalau injeksi tidak akan ngebul hitam, paling tidak ngebul putih. Kalau seperti itu biasanya piston yang rusak,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/24/193100115/knalpot-motor-yang-berasap-tanda-apakah-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke