Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sapa Rantis Maung Pindad Langsung ke Kandang

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kehadirannya masih baru, kendaraan taktis (rantis) garapan PT Pindad (Persero) yang dijuluki Maung langsung naik daun seusai digeber oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu di kawasan Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Nama Maung pun langsung menjadi sorotan, apalagi saat diketahui bahwa rantis yang akan dipasarkan sebesar Rp 600 jutaan itu pun ternyata mengadopsi dapur pacu milik Toyota Hilux, lengkap dengan sistem transmisi serta penggerak roda 4x4.

Penasaran dengan kemampuannya yang diklaim dapat diandalkan di segala medan dan spesifikasi luar biasa sebagai kendaraan tempur jarak dekat, redaksi Kompas.com mengunjungi langsung kandang Maung di markas Pindad, Bandung, Jawa Barat.

Redaksi juga sempat melakukan kencan singkat dengan Maung untuk menguji ketangguhannya di daerah sekitar.

Kesempatan tersebut menjadi momen untuk mengenal lebih dekat mobil tempur ringan hasil garapan tangan anak bangsa, mulai dari visual eksterior, interior, sampai merasakan langsung performa dari balik kemudinya.

Pembahasan awal dimulai dari sisi tampilannya yang mempunyai karakter khas kendaraan militer. Namun demikian, sentuhan desain modern ikut dibenamkan melalui tongkrongan di bagian depan.

Bila diperhatikan, rancang bangun bagian depannya tak hanya tampil kokoh dan terkesan mengintimidasi, tetapi juga dibuat futuristik dengan tarikan desain kap mesin yang mengerucut serta penempatan lampu utama yang slim.

Guna menambah estetika, headlamp diberikan kisi-kisi dari besi yang juga berguna sebagai pelindung baik di bagian kiri dan kanan. Sekat tersebut dibuat satu bingkai yang menyambung dengan bumper, grill, dan seluruh bodinya dilabur dengan kelir hijauh khas TNI.

Pada bagian bawah depan, dibenamkan skid plate guna memproteksi kolong kendaraan saat melintas di medan terjal bebatuan atau liar lainnya. Selayaknya kendaraan off-road, Pindad pun menginstal alat derek elektrik alias Winch tepat di atas bumper depan bagian tengah.

Masuk ke bagian samping, kesan gahar dan tanggung ditampilkan dari bentuk bodi yang serba kotak dan terkesan kaku. Kaki-kaki tapak lebar dengan pelek 17 inci dikolaborasikan bersama ban segala medan berdimensi besar.

Fender custom dilekatkan pada keempat rodanya, sedangkan bagian bawah pintu baris pertama dan kedua diberikan pelindung bodi. Untuk bagian belakang, visualnya tampil sederhana dan menjadi sarang bagi ban cadangan yang menggantung.

Secara garis besar, struktur bodi Maung seperti kendaraan kabin ganda. Hanya saja, bagian atap hingga bak belakang dibuat tertutup dengan kanvas hitam yang bisa dibuka tutup layaknya mobil convertible.

Untuk dimensi secara keseluruhan, Maung memiliki panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.820 mm. Sementara untuk ground clearance-nya sebesar 340 mm.

Detail Teknis Pindad Maung 4x4

Abraham menjelaskan bila mesin Toyota Hilux yang digunakan memiliki kubikasi 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC.

Dari data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan dari mesin berkode 2GD-FTV pada Maung memang sedikit lebih besar, yakni sebesar 149 tk, sedangkan untuk torsi juga badak, yaitu 400 Nm.

Olahan tenaga tersebut disalurkan via transmisi manual enam percepatan ke sistem penggerak 4WD dengan rear differential lock. Tak heran, bila pengetesan yang dilakukan beberapa hari lalu, Maung terlihat lincah menerjang jalan aspal dan licin.

Nah, yang penasaran mengenai detail lebih lengkap soal spesifikasi Maung 4x4, berikut datanya:

- Dimensi
Daya angkut : 4 orang
Total Dimensi : P 4.931 mm x L 1.640 mm x T 1.820 mm
Ruang kabin kemudi : P 1.050 mm x L 1.640 mm x T 1.150 mm
Ruang kabin penumang : P 870 mm x L 1.640 mm x T 1.150 mm
Ruang bagasi : P 1.314 mm x L 1.110 mm x T 419 mm
Jarak sumbu roda : 3.090 mm
Bebas dasar : 340
Berat terbuka : 2.060 kg
Berat tertutup : 2.160 kg

- Performa
Mesin : Turbo Diesel 4-Cylinder, 16 Valce DOHC
Transmisi : Manual 6 Speed
Daya maks : 149 tk, 400 Nm
Bahan bakar : Diesel
Isi silinder : 2.494 cc

- Kaki-kaki
Suspensi depan : Independent, coilover shick, ling arm
Suspendi belakang : Rigid, coilover shock, four link arm
Pelek : R17

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/24/072200915/sapa-rantis-maung-pindad-langsung-ke-kandang

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.