Salin Artikel

Motor Bebek Honda Dirombak Jadi Cafe Racer untuk Tugas Akhir Kuliah

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun motor custom bergaya cafe racer bisa berasal dari basis apa pun. Tak terkecuali motor bebek seperti Honda Super Cub 90, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa asal Taiwan.

Shuhann yang berkuliah di Departemen Desain Industri Universitas Shih Chien, membangun motor custom sebagai tugas akhir perkuliahannya. Inspirasi motor yang diberi nama Roadrunner ini cukup unik.

Dikutip dari ReturnoftheCafeRacer.com, Shuhann terinspirasi dari pesawat terbang yang bisa mengapung di atas air. Inspirasi tersebut dituangkan ke dalam desain bodi motornya.

Dia ingin membuat motor dengan desain yang klasik, tapi tidak ingin seperti motor pada umumnya. Maka itu, pilihannya jatuh kepada inspirasinya tersebut, mulai dari struktur hingga layout.

"Untuk memberikan pandangan yang lebih baik pada pengendara, bodi biasanya dibuat lebih tinggi dengan struktur rangka trellis. Bodinya terdiri dari tiga volume, sehingga menciptakan ruang dan membuatnya juga lebih ringan," ujar Shuhann.

Basis Super Cub 90 yang digunakan jelas dipereteli semua. Shuhann hanya memanfaatkan roda dan mesin. Sedangkan rangkanya, seluruhnya hasil desain sendiri. Untuk mewujudkannya, Shuhann mempercayakan bengkel Motor Shows.

Lalu, untuk bagian bodi, Shuhann membuat cetakan dari kayu yang dipahat. Selanjutnya, dia mulai mengetok pelat aluminium hingga berbentuk sesuai cetakan. Tanpa dilas, Shuhann lebih memilih menyambung pelat tersebut menggunakan rivet.

Hasilnya, motor custom bergaya cafe racer tersebut tak hanya terlihat klasik. Tapi, tetap sesuai demgan konsep dan inspirasi yang digunakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/06/100200015/motor-bebek-honda-dirombak-jadi-cafe-racer-untuk-tugas-akhir-kuliah

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.