Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lalu Lintas di Jakarta Mulai Padat, Pengguna Motor Meningkat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas di Jakarta selama dimulainya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi, ternyata mengalami peningkatan. Bahkan diklaim jumlahnya hampir mendekati masa normal sebelum ada pandemi Covid-19.

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, mengatakan terjadi beberapa perubahan kinerja lalu lintas berdasarkan data perbandingan baik saat masa sebelum pandemi, PSBB ekstrem, sampai dengan PSBB transisi.

"Volume lalu lintas saat normal itu 7.000 kendaraan per jam di ruas-ruas jalan tertentu, pada masa imbauan WFH sedikit menurun namum puncak kepadatan lalu lintas masih di jam 07.00 WIB pagi," ucap Syafrin dalam Rapim Kebijakan Mobilitas Pasca Pandemi Covid-19 di akun Youtube Pemprov DKI.

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan, dari jumlah 7.000 kendaraan, berhasil berkurang hingga 2.000 kendaraan ketika mulai berjalannya aturan PSBB ekstrem. Ketika PSBB dengan kelonggaran di 11 sektor pun masih sama.

Peningkatan terjadi saat penerapan PSBB transisi, menurut Syafrin jumlah rata-rata kendaraan mulai beranjak naik bahkan hampir mendekati kondisi saat sebelum ada pendemi.

"PSBB transisi volume lalu lintas kembali mendekati kondisi normal, angkanya sudah di atas 6.000-an lebih. Sementara jam puncak kemacetan sedikit lebih lama karena ada pembagian shift kerja," kata Syafrin.

Menariknya, dari sisi pengguna jenis kendaraan ternyata terjadi pergeseran dari mobil ke sepeda motor.

Bila pada saat kondisi normal pengguna mobil sekitar 27,5 persen dan pengguna motor 71.5 persen, kini meningkat menjadi 72,8 persen.

"Masa transisi ini ada perubahan dari mobil ke roda doa. Ada peningkatan menjadi 72,8 persen. Jadi ada penamabahan 1,3 persen untuk pergerakan orang yang mengunakan motor saat ini," ucap Syafrin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/03/114100015/lalu-lintas-di-jakarta-mulai-padat-pengguna-motor-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke