Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Pakai Tas yang Aman Saat Berkendara Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengenakan tas biasa dilakukan pengendara sepeda motor untuk menyimpang barang pribadi atau urusan pekerjaan. Ruang penyimpanan yang minim memaksa bikers menggunakan tas pribadi untuk kebutuhan penyimpanan. 

Namun ketika berkendara, sebaiknya juga memerhatikan pilihan tas yang digunakan. Memilih tas yang aman bisa mengurangi potensi jambret ataupun kecelakaan karena bentuknya yang mengganggu.

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membawa tas ketika naik motor, salah satunya cara mengenakan atau memposisikan tas ketika lagi berkendara.

“Sebaiknya tas jangan disangkut ke gantungan yang ada di tengah dek. Penyimpanan tas seperti itu yang biasanya rawan perampasan atau pencurian,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Agus menyarankan agar menggunakan tas ransel agar lebih aman dan nyaman saat berkendara. Memakai tas model selempang tidak disarankan karena talinya sering turun dan bisa mengganggu konsentrasi pengendara.

“Kemudian ukuran tas jangan terlalu besar dan pastikan tidak ada tali-tali menjuntai yang bisa membahayakan pengendara saat di jalan. Beban yang dibawa di tas juga jangan terlalu berat karena akan membuat pengendara lelah,” kata Agus.

Selain itu, jika menggunakan tas yang kecil, sebaiknya bisa ditaruh di bawah bagasi motor atau boks tambahan. Kemudian bisa juga gunakan penutup tas agar lebih aman saat berkendara agar terhindar dari debu dan terbuka tiba-tiba saat di jalan.

“Intinya, selama menggunakan tas tersebut masih dirasa nyaman dan aman, serta tidak mengganggu konsentrasi dan manuver pengendara, bisa tetap dipakai tasnya,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/19/100200615/pilih-pakai-tas-yang-aman-saat-berkendara-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke