Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Karoseri Tetap Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona membuat beberapa Perusahaan Otobus (PO) menunda untuk membuat bodi baru di karoseri. Tentunya hal ini membuat perusahaan karoseri mengalami penurunan pendapatan.

Padahal, puncak pemesanan bus dari PO ke karoseri paling banyak pada saat mendekati lebaran dan tahun baru. Namun pada pada saat ini, pemesanan dari PO sudah berkurang dan banyak juga yang menunda penyelesaian unit.

Namun sampai saat ini, industri karoseri masih tetap beroperasi. Salah satu alasannya yaitu masih mengerjakan bus yang dipesan sejak awal tahun sampai bulan April. Selain itu ada satu faktor lagi yaitu pesanan perusahaan.

Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, walaupun jumlah pesanan bus menurun sejak April, pada periode tersebut masih tertolong dengan pesanan lain seperti bus yang di ekspor, bus karyawan dan lain-lain.

“Kita tertolong dari unit yang akan diekspor masih jalan juga. Kemudian dari sektor tambang dan antar jemput karyawan juga masih ada yang memesan,” kata Werry kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian dari beberapa PO bus besar juga tetap ada pesanan, walaupun jumlahnya turun signifikan. Pada bulan Juni ini, kapasitas produksi di karoseri mulai terisi kembali. Lalu ada juga yang kembali melanjutkan pesanan dan pemesan baru.

Begitu juga dengan Karoseri Delima Jaya di Bogor, Managing Director Delima Jaya, Winston Wiyanta mengatakan, karoseri terbantu dari adanya pesanan yang memang sudah direncanakan.

“Jadi dia sudah merencanakan untuk memesan, jadi prosesnya tetap lanjut, tidak dibatalkan. Selain itu ada juga yang project based sehingga sesuai dengan kesepakatan kontrak untuk tetap dikerjakan,” kata Winston kepada Kompas.com.

Winston juga mengatakan, saat ini tidak ada pesanan bus dari PO. Ada yang pesan bus tapi dari perusahaan tambang, pabrik untuk angkutan pegawai dan membuat bus untuk program CSR perusahaan seperti bus sekolah di perusahaan kelapa sawit.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/17/183200115/cara-karoseri-tetap-bertahan-hidup-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke