Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Keselamatan, Hari Bebas Kendaraan Harus Diaktifkan Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk kembali mengaktifkan Car Free Day (CFD) setiap Minggu.

Salah satu pertimbangannya, yaitu untuk menghindari terjadinya potensi kecelakaan lantaran tidak sedikit pengguna sepeda yang nekat masuk jalur cepat, dan bercampur dengan kendaraan bermotor.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, saat ini jumlah pesepeda sangat banyak, terlebih saat akhir pekan terjadi peningkatan yang sangat signifikan.

“Kondisi ini membuat jalur sepeda yang sudah ada tidak mampu menampung pesepeda, akhirnya pesepeda masuk ke jalur kendaraan bermotor atau menggunakan dua lajur,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Dengan kondisi tersebut, Sambodo menilai cukup berbahaya jika sampai kendaraan tanpa mesin itu bercampur di jalur cepat.

Bukan tidak mungkin, potensi kecelakaan bisa terjadi lantaran peningkatan lalu lintas di jalan sekitarnya.

“Saya justru mengimbau kepada Pemprov DKI, mungkin sudah mulai bisa evaluasi Minggu depan disarankan CFD sudah bisa dilaksanakan kembali,” katanya.

Tentunya, tambah Sambodo, dengan memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Mulai dari menjaga kebersihan, menjaga jarak atau physical distancing. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di wilayah DKI Jakarta.

“Dengan tetap memperhatikan social distancing, physical distancing kalau tidak bisa berbahaya,” tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya CFD maka tidak akan terjadi mix traffic antara kendaraan bermotor dengan sepeda.

Kondisi ini tentunya bisa semakin memberikan wadah bagi para pesepeda di tengah jumlah jalur sepeda yang terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah pesepeda yang meningkat cukup banyak.

“Kalau di hari Minggu itu sangat banyak, seperti hari ini tadi jumlahnya hingga tidak bisa tertampung di jalur sepeda,” ucap Samodo.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/15/120200715/demi-keselamatan-hari-bebas-kendaraan-harus-diaktifkan-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke