Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Buruk Tidak Perhatikan RPM pada Takometer

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada dasbor mobil, terdapat spidometer yang pada umumnya menjadi satu juga dengan takometer. Namun, tak sedikit yang menganggap takometer pada mobil sebagai pajangan.

Padahal, mengendarai mobil tidak hanya sekadar menginjak pedal gas saja. Penting untuk memperhatikan juga putaran mesin atau angka rpm (revolutions per minute) yang bisa dilihat pada takometer.

Didi Ahadi, Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, penting bagi pengemudi kendaraan untuk memahami informasi soal posisi rpm. Sebab, jika akan ada efek tak menguntungkan yang dirasakan jika jarang memperhatikannya.

“Benar, rpm sebagai patokan saat injak gas. Namun memang mobil sekarang biasanya sudah ada indikator eco sehingga dapat mengukur pengemudi saat injak gas,” kata Didi, kepada KOMPAS.com, beberapa waktu lalu.

Didi menjelaskan, kerugian pertama yang ditimbulkan ketika abai soal rpm atau tidak mengontrol injakan pedal gas, adalah borosnya konsumsi bahan bakar. Jadi, perlu disesuaikan injakan gas dengan posisi transmisi.

“Iya tentunya berbengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, harus disesuaikan dengan gigi transmisi. Apabila gigi di posisi rendah kemudian rpm tinggi, tentunya akan menjadi boros, begitu juga sebaliknya. Efek lainnya itu mengurangi kenyamanan berkendara,” ujar Didi.

Lebih parahnya lagi, menurut Didi, tidak mengontrol baik posisi rpm dengan mengatur injakan pedal gas, dapat membuat mesin bisa mengalami kerusakan.

“Angka rpm pada kendaraan itu ada batasnya, di meter kombinasi rpm ada angka yang diberikan warna merah. Jadi disarankan tidak mencapai ‘red line’ itu, karena dapat berpotensi merusak mesin,” ujar Didi.

Didi mengatakan, untuk mobil dengan transmisi otomatis, penggantian gigi sudah diatur ECU (komputer), sehingga tidak melewati red line. Untuk pemakaian dalam kota, bisa dikatakan rata-rata maksimal di 3.000 rpm hingga 4.000 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/10/164100315/dampak-buruk-tidak-perhatikan-rpm-pada-takometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke