Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota RAV4 PHV Meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota akhirnya meluncurkan generasi baru RAV4 berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) untuk pasar Jepang, yang dinamai RAV4 PHV. Sebelumnya sport utilty vehicle (SUV) global ini lebih dulu dipasarkan di Amerika Serikat dan Eropa dengan mengusung dapur pacu serupa.

Laman Toyota Global melaporkan, RAV4 PHV telah mengadopsi Toyota Hybrid System (THS II) terbaru hasil pengembangan merek nomor satu di Jepang itu.

Di balik kap mesinnya, terdapat unit A25A-FXS berkapasitas 2.500 cc yang menghasilkan tenaga 177 ps dan torsi 219 Nm.

Mesin tersebut juga didukung dua motor listrik, karena RAV4 mengusung sistem penggerak E-Four alias 4WD. Masing-masing motor listrik memiliki tenaga 182 ps dan torsi 270 Nm, serta 54 ps dan torsi 121 Nm.

Toyota menyebutkan, motor listrik dan inverter di bagian depan menghasilkan output tenaga yang lebih besar.

Tujuannya untuk memberikan kesenangan berkendara yang lebih baik saat mobil dijalankan pada mode BEV (Battery Electric Vehicle), sekaligus memberikan dampak yang lebih ramah lingkungan.

Toyota mengklaim, konsumsi bahan bakar RAV4 PHV mencapai 22 km per liter. Dengan tangki bahan bakar berkapasitas 55 liter, RAV4 menawarkan daya jelajah hingga 1.300 km lebih dalam satu kali pengisian sampai penuh.

Tak hanya unggul dari segi performa, RAV4 PHV menawarkan kepraktisan lebih baik ketimbang mobil pada umumnya.

RAV4 PHV juga memiliki fungsi sebagai sumber listrik cadangan untuk keperluan rumah tangga, dengan daya eksternal maksimal 1.500 W (AC 100 V).

RAV4 PHV akan sangat berguna selama pemadaman listrik atau keadaan darurat lainnya, maupun untuk kegiatan rekreasi di luar ruangan.

Selebihnya, RAV4 PHV masih menawarkan kepraktisan dan kecanggihan yang sama seperti model dengan mesin bakar internal.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/09/074200915/toyota-rav4-phv-meluncur-di-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke