Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pabrik Mobil di Indonesia Siap Beroperasi Jelang New Normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil di Indonesia akan kembali membuka operasional pabrik secara bertahap seiring dengan penerapan fase new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Tanpa mengesampingkan protokol kesehatan, diharapkan keputusan ini bisa memenuhi kebutuhan pasar ekspor mengingat beberapa negara tujuan mulai berangsur pulih dari dampak pandemi.

"Bagian produksi sudah masuk untuk persiapan sejak Selasa (2/6/2020) kemarin. Besok (5/6/2020) sudah beroperasi tapi dengan kapasitas di bawah 50 persen dan menyesuaikan aturan yang ada seperti PSBB," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam kepada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Salah satu aturan tambahan yang disesuaikan dengan upaya menekan penyebaran virus corona, ialah menerapkan physical distancing sejauh satu meter dan menjaga kebersihan melalui wajib mengenakan masker dan rutin membersihkan tangan.

Sementara PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sudah mulai kembali membuka pabrik di kawasan Karawang, Jawa Timur, sejak Rabu (3/6/2020) kemarin secara bertahap.

"Tentu kita juga menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Kami menyadari bahwa harus menjalankan bisnis dengan kebiasaan baru itu, yang disebut dengan new normal," ujar General Manager Marketing Division PT IAMI Attias Asril.

"Kami berharap dengan new normal nanti roda perekonomian kembali bergerak," lanjutnya.

Pada kesempatan terpisah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan bahwa sudah membuka operasional pabrik mulai 26 Mei 2020 lalu. Tapi pada tahap awal, operasional masih dilakukan uji coba untuk kemudian dievaluasi.

Melalui keterangan terulis, disebutkan bahwa dari tiga pabrik Suzuki yang akan kembali beroperasi, yakni di Cakung, Cikarang, dan Tambun, hanya Tambun 2 yang belum dibuka kembali.

Sebab, pabrik tersebut merupakan lokasi produksi mdel-model yang banyak ditunjukkan untuk pasar domestik, seperti Suzuki New Carry Pick Up, APV, dan Karimun Wagon R.

Untuk diketahui, seluruh pabrik otomotif di Tanah Air sempat dihentikan sementara pada pertengahan April 2020 seiring dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan melemahnya daya beli pada pasar domestik.

Memang, ada beberapa lini yang masih buka tetapi kontribusinya tidak besar. Hanya untuk memenuhi kebutuhan ekspor melalui surat-menyurat saja.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/04/132200815/pabrik-mobil-di-indonesia-siap-beroperasi-jelang-new-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke