Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Mobil Diesel Lebih Irit dari Mesin Bensin?

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara mesin kendaraan, konsumen otomotif akan langsung tertuju pada dua pilihan yaitu mobil dengan mesin diesel atau bensin.

Kedua jenis mesin ini memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi mekanisme maupun penggunaan bahan bakar.

Jika dilihat dari konsumsi bahan bakar, mobil dengan mesin diesel diklaim lebih hemat dibandingkan dengan yang menggunakan mesin bensin.

Meskipun, mobil dengan mesin bensin keluaran terbaru saat ini sudah menggunkan beragam teknologi canggih yang tentunya bisa semakin membuat hemat konsumsi bahan bakar.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, membenarkan anggapan tesebut. Ada dua faktor yang menyebabkan mobil bermesin diesel lebih irit ketimbang bensin pada umumnya.

“Pertama, karena mesin diesel memakai kompresi yang sangat tinggi, jadi tenaga yang dihasilkan juga lebih besar per Cc bahan bakar. Efisiensi termal mesin diesel juga lebih bagus.” ujar Suparna kepada Kompas.com.

Kedua, lanjut Suparna, karena solar memiliki kandungan kalori yang lebih besar dari bensin. Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar.

“Kondisi tersebut yang membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin,” ujarnya.

Selain memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, mesin diesel juga dikenal lebih kuat dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin bensin.

Menurut Suparna, penyebabnya adalah mobil yang menggunakan mesin diesel memakai tipe  long stroke.

“Mesin dengan tipe long stroke bisa menghasilkan torsi yang lebih besar, dari kebanyakan mesin bensin yang menggunakan tipe mesin square,” kata Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/04/112200115/benarkah-mobil-diesel-lebih-irit-dari-mesin-bensin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke