Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Kesalahan Pengguna Motor Injeksi | Fungsi Colokan USB di Bus

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi, berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator. Motor injeksi memiliki perangkat elektronik lebih rumit.

Tentu dari segi perawatan, akan ada sedikit perbedaan. Termasuk juga dalam cara menghidupkan mesin. Masih banyak orang yang belum meninggalkan kebiasaan di motor karburator pada motor injeksi.

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi soal fungsi colokan USB di bus.

Penasaran seperti apa, berikut 5 berita terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 30 Mei 2020:

1. Viral Video Pemotor Cium Aspal, Ingat Konsentrasi saat Berkendara

Konsentrasi dan kesiapan fisik mutlak dibutuhkan saat berkendara di jalan raya. Sebab, jika tidak, bisa saja hal buruk seperti kecelakaan menimpa kita.

Seperti salah satu contoh video yang sedang viral baru-baru ini, di mana sebuah kecelakaan menimpa dua orang pemotor karena dihantam ban cadangan mobil yang terlepas di tengah jalan raya.

Video yang diunggah oleh akun instagram @pertamax7 ini terjadi di Pasuruan, Jawa Timur. Dalam video berdurasi 12 detik tersebut memperlihatkan salah satu pemotor yang sedang melakukan vlogging dan merekam detik-detik saat kecelakaan terjadi.

2. Kesalahan Umum Pengguna Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi, berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator. Motor injeksi memiliki perangkat elektronik lebih rumit.

Tentu dari segi perawatan, akan ada sedikit perbedaan. Termasuk juga dalam cara menghidupkan mesin. Masih banyak orang yang belum meninggalkan kebiasaan di motor karburator pada motor injeksi.

Saat ini, masih banyak pemilik motor injeksi yang langsung menyalakan mesin setelah kontak dihidupkan. Padahal, idealnya menunggu sampai melihat lampu indikator (injeksi) biasanya berkelir oranye pada speedometer mati atau setelah engine check.

3. Musuh Utama yang Bisa Membuat Mobil Kehilangan Kendali di Tol

Baru-baru ini viral video yang menampilkan kecelakaan tunggal di jalan tol Pemalang-Batang. Dalam video singkat tersebut, terlihat mobil menghantam pembatas jalan sampai menembus dari kap mesin hingga kaca belakang.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, pada dasarnya ada dua musuh utama yang bisa membuat mobil kehilangan kendali, apalagi ketika kecepatan tinggi, yaitu eksternal dan internal.

“Pertama, faktor eksternal banyak datang dari angin silang (cross wind), jalan yang bergelombang, dan tekanan udara yang berubah-ubah pada daerah yang dilewati. Hal-hal ini yang bisa mengganggu keseimbangan kendaraan,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (29/5/2020).

4. Colokan USB di Kabin Bus Bukan untuk Isi Daya Powerbank

Bus merupakan salah satu alternatif transportasi umum untuk bepergian antar kota. Seiring perkembangan zaman, berbagai fasilitas terus dikembangkan untuk kenyamanan penumpang, salah satunya yaitu fitur colokan USB.

Fitur colokan USB biasanya baru ada pada bus kelas eksekutif atau lebih tinggi. Posisi colokan USB biasanya ada di setiap bangku atau ada di atas, dekat louver AC.

Jika baterai ponsel habis, tinggal colok ke USB ini sehingga daya bisa terisi sambil menikmati perjalanan. Namun ada yang perlu diwaspadai, colokan USB ini bukan diperuntukan mengisi bank daya alias powerbank.

5. Cara Ampuh Agar Kabin Mobil Cepat Dingin Usai Parkir di Tempat Panas

Suhu dingin dan sejuk merupakan hal yang diinginkan setiap pengemudi, setelah masuk ke dalam mobil. Namun nyatanya hal itu sulit didapatkan, apalagi jika sebelumnya kendaraan parkir di tempat terbuka dan terkena terik matahari secara langsung.

Pemiik mobil biasanya akan langsung menghidupkan pendingin udara, atau air conditioner (AC) sesaat setelah masuk ke dalam mobil. Tapi, ternyata hal tersebut tidak bisa mempercepat proses pendinginan kabin mobil. Lantas, bagaimana caranya?

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong, mengatakan, solusi yang paling tepat adalah dengan membuka jendela mobil terlebih dahulu agar hawa panas dalam mobil bisa cepat hilang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/31/070200015/-populer-otomotif-kesalahan-pengguna-motor-injeksi-fungsi-colokan-usb-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke