Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dear Ladies, Ini Alas Kaki yang Aman Digunakan saat Bawa Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak wanita yang memiliki kebiasaan menyetir mobil menggunakan high heels, beralasan tingkat mobilitas yang tinggi. 

Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang menggunakan sandal jepit sebagai pilihan saat mengemudi karena dianggap lebih nyaman. Padahal, ini justru berbahaya dan bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, keduanya memiliki bahaya yang sama ketika digunakan untuk berkendara.

“Keduanya, baik high heels maupun sandal jepit sangat tidak disarankan. High heels bisa membuat kaki melakukan tekanan terhadap pedal tidak sensitif dan ragu-ragu,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/05/2020).

Sedangkan, menurut Sony, penggunaan sandal jepit juga sama bahayanya. Pasalnya, ketika digunakan sendal jepit tidak pasti menempel di alas kaki.

“Saat kaki pindah-pindah pedal, sering sandal tersebut nyangkut dipedal. Sehingga bikin respon terlambat dan bikin panik pengemudi,” katanya.

Sony juga menegaskan, mengemudi tanpa alas kaki juga tidak diperbolehkan. Sebab saat tidak menggunakan alas kaki, permukaan kaki mudah berkeringat sehingga bisa menyebabkan terpeleset saat injak pedal-pedal.

“Baik wanita maupun pria sebaiknya menggunakan alas kaki yang layak saat berkendara. Bagi wanita sebisa mungkin gunakan flatshoes, karena akan jauh lebih aman. Begitupun pria, gunakan alas kaki yang tertutup dengan sol yang tidak terlalu tebal seperti sneakers,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/20/114200315/dear-ladies-ini-alas-kaki-yang-aman-digunakan-saat-bawa-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke