Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Grand Choppy Cub Dibalut Lukisan Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski gaya choppy cub banyak digunakan oleh para pecinta motor custom, tapi builder yang handal tetap bisa membuatnya berbeda. Contohnya, choppy cub garapan Harta Motorcycle yang berlokasi di Denpasar, Bali.

I Wayan Kartika Yasa, builder Harta Motorcycle, menggunakan basis dari Honda Grand lansiran 1996. Motor bebek dengan mesin berkapasitas 100 cc tersebut diyakini postur mesinnya sangat cocok dengan konsep yang akan diangkat. Selain itu, komponen mesinnya juga gampang dicari.

"Konsep ini dipilih berdasarkan diskusi dari pihak builder dan pemilik yang berkonsep choppy cub yang bernuansa chopper," ujar pria yang akrab disapa Eka, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Yasa menambahkan, alasan memilih konsel choppy cub karena pemiliknya ingin membuat motor dengan kapasitas mesin kecil yang nyentrik dengan nuansa budaya lukisan Bali.

"Selain itu, konsep chopper juga lumayan banyak digandrungi dan sedang tren di era custom saat ini," kata Eka, yang mengerjakan motor ini selama 4 bulan.

Yasa mengatakan, pemilik motor bebek tersebut menginginkan motor yang cukup ekstrem dengan genre old school skinny chopper. Setelah diskusi yang lumayan panjang, akhirnya antara builder dan pemilik motor bisa menyatukan ide dan konsep yang selaras.

Akhirnya, dipilih konsep seperti sekaranh, yaitu choppy cub chopper dengan menggunakan springer long fork untuk suspensi depannya.

"Bagian yang tersulit, yaitu ketika memadukan mesin yang berdimensi kecil dengan frame cub yang lumayan panjang dan ramping agar terlihat padat dan tidak ada ruang," ujar Eka.

Belum selesai sampai di situ, Yasa juga menemukan kesulitan saat harus memadukan roda-roda yang besar dengan springer yang tingginya 1 meter agar motor terlihat ramping dan sangar.

"Terbentuklah motor yang diberi nama 'Piying' yang dalam istilah Bali berarti jajan jamuran. Nama ini dipilih karena unik dan gampang diingat. Saya filosofikan juga di warna motor yang seperti jajan jamuran yang agak krem yang dipadukan dengan lukisan Bali," kata Eka.

Data spesifikasi Honda Grand Choppy Cub oleh Harta Motorcycle:
Ban depan : Swallow Sprinter 21 inci
Ban belakang : Swallow Classic 450-18
Tromol depan belakang : Custom
Springer : Custom
Sissy bar : Custom
Footstep : Custom
Knalpot : Custom (free flow)
Lampu depan : Aftermarket
Lampu belakang : Aftermarket
Rangka : Custom

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/12/110200315/honda-grand-choppy-cub-dibalut-lukisan-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke