Salin Artikel

Ganti Oli Mesin Motor di Rumah Aja, Perhatikan Hal ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat diminta untuk tetap berada di kediaman masing-masing, melakukan semuanya di rumah. Tak terkecuali mengganti oli mesin sepeda motor.

Penggantian oli mesin bisa dilakukan sendiri di rumah aja. Namun, ada beberapa hal yang sebelumnya perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah mengeluarkan semua oli lama agar tidak bercampur dengan oli yang baru. Cara ini disebut juga dengan flushing atau pembilasan.

Ex Coordinator Product Development Specialist Pertamina Lubricants, Mia Krishna Anggraini, mengatakan, pembilasan pada prinsipnya ialah menguras oli lama dengan oli baru dan berlaku baik untuk mobil atau motor.

"Caranya oli lama dikuras, kemudian tuangkan oli baru yang berfungsi ssebagai pembilas. Nyalakan mesin sebentar dan buang oli pembilas. Kemudian tuang lagi oli baru sesuai takaran," kata Mia, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Mia menambahkan, untuk melakukannya, oli lama yang dikuras saat kondisinya dalam keadaan hangat, yang mana diharapkan masih ada efek sirkulasi sehingga kontaminan oli di mesin dalam keadaan relatif homogen.

"Jika sudah dibilas tuangkan pelumas baru sesuai yang akan digunakan. Sesuai spesifikasi mesin dan dengan takaran sebanyak yang sudah ditentukan," ujar Mia.

Cara seperti ini juga dapat dilakukan untuk mengganti oli mesin yang bercampur dengan air akibat banjir.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/05/102200015/ganti-oli-mesin-motor-di-rumah-aja-perhatikan-hal-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.