Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PSBB Diperpanjang, Ojol Minta Pemerintah Tekan Aplikator

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat pengendara ojek online (ojol) merana lantaran penghasilannya makin terjun bebas akibat tak boleh membawa penumpang.

Bahkan makin meresahkan lagi saat adanya pengumuman dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengenai perpanjangan PSBB hingga 22 Mei mendatang.

Menanggapi kondisi ini, Igun Wicaksono, Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia, mengatakan tidak kaget dengan adanya keputusan tersebut. Bahkan menurutnya hal tersebut sudah diperkirakan sejak awal.

"Untuk PSBB diperpanjang, saya bersama teman-teman ojol sebenarnya sudah membaca tidak mungkin hanya 14 hari, makanya dari awal kami sudah keras meminta dan memohon agar diberikan solusi bisa membawa penumpang. Tapi ternyata Pemprov berpihak pada aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," ucap Igun kepada Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Secara kondisi, Igun menjelaskan rekan-rekan ojol sudah cukup parah terkena imbas PSBB. Bahkan adanya bantuan pun tidak menjamin bisa mencukupi untuk kehidupan sehari-hari, terutama bagi ojol yang benar-benar mengantungkan penghasilannya dari membawa konsumen.

Namun demikian, Igun mengaku bila komunitasnya secara kondisi sudah cukup mengerti akan akan kondisinya seperti apa. Bahkan saat ini ojol sendiri fokus bukan lagi menuntut pada pemerintah, melainkan dari pihak aplikator selaku mitra kerjanya.

"Intinya mereka (aplikator) selama ini bisa meraup keuntungan sangat besar dari kami, harusnya dalam situasi dan kondisi seperti ini, yang mana mitranya sedang tertekan kesulitan, ojol ini jadi beban dari mereka," kata dia.

Igun meminta pemerintah untuk bisa menekan pihak aplikator ojol agar bisa memperhatikan kesejahteraan dari mitranya di tengah pandemi corona.

Meski sudah ada beberapa gerakan formal, namun menurut Igun dan rekan-rekannya hal tersebut seperti hanya sebuah syarat saja, bahkan secara manfaat memang belum ada.

"Bantuan berupa voucher elektrik Rp 100.000 memang ada beberapa yang sudah dapat, tapi bila melihat dari segi kebutuhan itu apakah cukup. Kami sekarang hanya meminta pemerintah untuk menekan aplikator agar bisa memberikan tanggung jawabnya kepada kami yang sudah berdarah-darah di lapangan," kata Igun.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/28/034200915/psbb-diperpanjang-ojol-minta-pemerintah-tekan-aplikator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke