Salin Artikel

Di Rumah Aja, Bisa Bersihkan Mika Lampu Motor Pakai Pasta Gigi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mika lampu sepeda motor yang menguning membuat motor tampak kurang terawat dan termakan usia. Kondisi ini umumnya terjadi pada motor yang berusia di atas lima tahun.

Selain kurang sedap dipadang, pancaran sinar lampu juga bisa terganggu lantaran tertahan kondisi mika yang buram. Apalagi kalau mika lampunya sudah mengalami retak yang membuat cahaya jadi bias.

Riko pemilik bengkel RH Garage di Bintaro Trade Center Blok H2-41, mengatakan, cara yang cukup sederhana untuk membersihkan mika lampu kusam yakni dengan cara memakai pasta gigi.

“Tapi kalau lampu sudah buram dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, banyak faktor yang membuat mika lampu jadi kusam, mulai dari usia motor, pemakaian bohlam lampu yang tidak sesuai standar sampai retakan kecil.

"Bisa karena pernah memakai bohlam lampu yang tidak standar atau memang usia pakai yg sudah terlampau lama, atau bisa juga ada lubang kecil atau retakan yang mengakibatkan debu, kotoran, air masuk ke dalam mika lampu, mengakibatkan pengembunan sehingga lama kelamaan menjadi kusam," kata Herman.

Jika belum terlalu kusam maka masih bisa dibersihkan dengan berbagai cara, tapi kalau sudah terlalu parah, kata Herman, maka sattu-satunya cara yaitu dengan menggati yang baru.

"Saran yang dapat dilakukan hanya satu, yaitu ganti mika dengan yang baru, karena jika tidak diganti atau hanya dibersihkan tetap saja keawetannya tidak akan lama," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/30/121300715/di-rumah-aja-bisa-bersihkan-mika-lampu-motor-pakai-pasta-gigi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.