Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Salah Pilih Kembangan Saat Ganti Ban Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban yang digunakan pada mobil harian umumnya memiliki telapak atau yang lebih dikenal dengan profil kembangan ban dengan motif beragam.

Meski begitu, nyatanya masih banyak pemilik mobil yang kurang paham mengenai pentingnya bentuk kembangan ban mobil.

Saat ingin melakukan pergantian ban yang lama dengan yang baru, sedikit pemilik mobil yang memperhatikan tipe kembangnya. Bahkan beberapa memilih kembangan yang sama antara ban depan denagn ban belakang.

Kepala Bengkel Warna-Warni Ban, Jalan Panjang, Wilman Ramo, mengatakan, kembangan ban depan dan belakang sengaja diciptakan berbeda berdasarkan kegunaannya.

“Ban depan memiliki fungsi untuk daya cengkram, sementara ban belakang memiliki fungsi yang berbeda yaitu untuk slide, yang dibutuhkan ketika mobil melaju di jalan yang menikung,” ujar Wilman kepada Kompas.com, Rabu (25/03/2020).

Kembangan ban depan juga memiliki fungsi yang penting saat kondisi hujan, yaitu berguna sebagai pemecah air.

Sedangkan untuk ban belakang lebih berperan sebagai tempat tumpuan energi yang disalurkan oleh mesin dan juga beban dari mobil tersebut.

“Ban belakang memiliki fungsi untuk membuat mobil lebih stabil saat berkendara,” kata Wilman.

Jika kembang ban depan dan belakang disamakan, maka akan berdampak pada saat mobil berjalan melewati tikungan dan saat kondisi permukaan jalan yang basah.

“Ketika melewati tikungan, mobil tidak akan stabil saat menikung. Selain itu, jika kondisi jalan basah, pembuangan air juga jadi tidak maksimal sehingga jalanan akan terasa licin,” ujar Wilman.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/26/090200915/jangan-salah-pilih-kembangan-saat-ganti-ban-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke