Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Harga Mobil Murah Bekas Maret 2020 | Kapan Sopir Bus Harus Istirahat?

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan virus korona atau Covid-19 di Indonesia dinilai memberikan dampak terhadap pemilihan jenis mobil.

Sekarang ini, banyak konsumen yang memilih menggunakan mobil kecil atau jenis city car dibandingkan model lainnya.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal kapan sopir bus harus istirahat?

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 14 Maret 2020:

1. Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Kondisi Harga Mobil Murah Bekas Maret 2020

Keberadaan virus korona atau Covid-19 di Indonesia dinilai memberikan dampak terhadap pemilihan jenis mobil.

Sekarang ini, banyak konsumen yang memilih menggunakan mobil kecil atau jenis city car dibandingkan model lainnya.

Kondisi ini seperti dikemukakan oleh Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/3/2020).

Herjanto menyampaikan, keberadaan Covid-19 membuat masyarakat banyak yang takut untuk menggunakan transportasi umum. Mereka pun akhirnya beralih menggunakan kendaraan pribadi.

Model yang paling banyak dipilih adalah mobil murah ramah lingkungan alias LCGC jenis city car.

2. Mengenal Yamaha F1ZR, Bebek 2-tak Nostalgia 90an

Di masa kejayaan motor bebek, khususnya 2-tak, Yamaha pernah menghadirkan F1ZR, yang biasa dilafalkan "Fis-R". Bebek 2-tak tersebut mungkin yang lebih dikenal Di era 1990 alas 90an Tapi, sebenarnya sejarah motor ini cukup panjang.

Perjalanan motor bebek 2-tak ini dimulai pada 1992. Kala itu, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) masih menjadi Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Indonesia. Jauh sebelum F1ZR keluar, Yamaha pada awalnya memasarkan Force 1 (F1) terlebih dahulu.

Lalu, di tahun 1996 Yamaha mulai melakukan peningkatan. Nama F1 pun diberi tambahan embel-embel Z, menjadi F1Z. Ubahannya tak banyak, hanya penggunaan rem depan cakram dan mengadopsi transmisi full clutch alias kopling manual. Sementara tampilannya, masih dipertahankan.

3. Arti dari Nama Jetbus pada Bus Adi Putro, Bukan Pakai Mesin Jet

Karoseri Adi Putro merupakan pembuat bodi bus yang sudah terkenal. Menggunakan nama Jetbus, sebenarnya ada arti dibalik identitas Jetbus itu.

David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati, mengatakan, Jetbus merupakan singkatan dari nama keluarganya, Jethrokusumo.

“Istilah itu berasal dari nama keluarga, bus buatan Jethrokusumo, jadinya Jetbus,” kata David kepada Kompas.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

4. Kapan Sopir Bus Antar Kota Harus Istirahat?

Pergi keluar kota yang berbeda provinsi, bisa menggunakan transportasi bus Angkutan Antarkota AntarProvinsi (AKAP). Jika memakan waktu lama, biasanya bus memiliki dua sopir agar bisa bergantian.

Kurnia Lesani Adnan, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), mengatakan, belum ada aturan tentang berapa jumlah sopir untuk bus AKAP.

“Sejauh ini aturan jumlah pengemudi belum dicantumkan. Namun diimbau untuk bus dengan perjalanan jauh memiliki dua sopir,” kata Sani kepada Kompas.com, Sabtu (14/3/2020).

5. Virus Corona Justru Buat Mobil Murah Bekas Laris

Mobil murah ramah lingkungan atau LCGC memang menjadi kendaraan roda empat yang paling banyak dipilih sebagai kendaraan pribadi.

Terlebih, dengan merebaknya virus korona atau Covid-19, ternyata berdampak pada peningkatan pembeli mobil murah tersebut.

Salah satu penyebabnya yakni masyarakat yang mulai khawatir tertular virus Covid-19 saat naik kendaraan umum.

Maka dari itu mereka pun kembali beralih untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menjaga diri agar tidak tertular virus tersebut.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, dengan banyaknya kasus virus korona ini membuat penjualan mobil bekas mengalami peningkatan hingga 15 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/15/071100515/-populer-otomotif-harga-mobil-murah-bekas-maret-2020-kapan-sopir-bus-harus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke