Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Istri Irjen Boy Rafli Ditabrak, Simak Tips Aman Berkendara Dekat Bus Transjakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Mitsubishi Pajero Sport yang ditumpangi istri Irjen Boy Rafli Amar dan bus Transjakarta, Selasa (10/3/2020) di Kebayoran Lama.

Dikabarkan, bus Transjakarta melaju sendiri setelah menaikkan penumpang di halte lalu menabrak mobil Pajero Sport yang sedang melintas. Tidak ada korban jiwa pada kecelakaan ini.

Kecelakaan memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Sebagai pengguna jalan, harus berhati-hati ketika mengemudi.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, masih ada risiko kecelakaan walaupun sudah berkendara dengan aman.

“Kita sebagai pengguna jalan, tidak bisa mengontrol orang lain. Walaupun sudah berkendara dengan hati-hati, kita tidak bisa mengontrol tindakan yang dilakukan oleh pengemudi lain,” kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Bagi pengemudi, sebaiknya menghindari dan menjaga jarak dengan bus. Jangan sampai masuk ke titik buta (blind spot) dari kendaraan yang besar. Pastikan juga agar pengemudi bus mengetahui posisi dari pengemudi lain.

“Khusus untuk berkendara yang dekat dengan bus Transjakarta, pastikan pengemudi masuk ke jalurnya dan jangan langsung memotong di depan bus saat berpindah lajur,” ucap Marcell.

Berpindah lajur secara tiba-tiba bisa membuat pengemudi bus kaget dan mengerem mendadak. Dengan berat bus yang besar, khawatir pengereman kurang baik dan menabrak kendaraan yang memotong lajur.

Begitu juga yang disampaikan oleh Sony Susmana, Safety Driving Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), ketika berada di persimpangan dan bertemu angkutan umum seperti bus, lebih baik mengalah.

“Ketika pengemudi bertemu di persimpangan, jangan berasumsi siapa duluan. Lebih baik untuk berhenti di persimpangan dan prioritaskan kendaraan umum,” ujar Sony kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/11/122200215/mobil-istri-irjen-boy-rafli-ditabrak-simak-tips-aman-berkendara-dekat-bus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke