Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Lepas dan Pasang Wiper Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti wiper ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah, tidak perlu pergi ke bengkel. Setiap wiper pada dasarnya memiliki bentuk yang sama, hanya dengan menekan satu klip pada rangkanya, bisa melepas wiper.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, melepas wiper merupakan hal yang mudah dilakukan sendiri.

Jika ingin mengganti karet wiper sendiri di rumah, pastikan ukurannya sama dengan yang standar.

“Cara mengukur panjang wipernya bisa gunakan penggaris. Untuk melepas wiper lama, pertama angkat dulu, lalu pada bagian tengah, ada pengunci atau klip yang bisa ditekan. Tekan klip lalu dorong wiper ke arah bawah sampai terlepas,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Untuk memasangnya, posisikan bagian klip dengan besi wiper, lalu disangkutkan. Dorong ke atas sampai terdengar suara “klik”. Wiper sudah terpasang. Cara pelepasan dan pemasangan wiper ini juga bisa dilakukan untuk wiper belakang.

Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor, menambahkan, ketika melakukan penggantian wiper, pastikan klip terpasang dengan sempurna. Bila tidak sempurna, karet dapat terlepas dan bisa merusak kaca depan mobil.

“Dicek saja klipnya dengan cara digeser-geser, sudah mengunci atau belum. Ketika memasang wiper akan lebih baik jika kaca mobil dibersihkan terlebih dahulu,” kata Anjar kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/03/162300015/begini-cara-lepas-dan-pasang-wiper-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke