Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Arti Angka dan Huruf di Mobil Matik | XL7 Sudah Bisa Dipesan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna mobil transmisi matik mungkin banyak yang belum tahu tentang angka dan huruf yang menempel di tuas.

"Pada tuas transmisi matik itu terdapat kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L, beberapa lagi P-R-D-D3-2-L, dan ada juga yang hanya P-R-N-D-S.

Pada dasarnya sama saja, tinggal yang penting mengerti fungsinya masing-masing," kata Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, beberapa waktu lalu.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal pemesanan Suzuki XL7 sudah bisa dipesan konsumen.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 11 Februari 2020:

1. Jangan Salah, Ini Arti Huruf dan Angka pada Mobil Transmisi Matik

Tak bisa dimungkiri bahwa dalam perkembangannya, mobil matik saat ini sudah sangat digemari. Bahkan, bila melirik dari angka penjualannya pun, rata-rata didominasi mobil dengan transmisi otomatis.

Artinya, hampir semua lapisan masyarakat memilih mobil dengan transmisi matik, termasuk orang yang baru bisa mengendarai mobil alias newbie.

Nah, khusus untuk pengendara baru atau green driver, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum mulai mengemudikan mobil matik.

Paling utama untuk pengemudi adalah mengenal arti huruf dan angka pada tuas transmisi mobil karena ini penting, apalagi buat pengemudi pemula.

2. Posisi Gigi Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah, Pakai D atau N?

Beberapa waktu lalu sempat ramai pembahasan mengenai penggunaan transmisi matik pada mobil. Lebih spesifiknya mengenai hal yang harus dilakukan saat berhenti di lampu merah.

Ada yang beranggapan sebaiknya posisi gigi dinetralkan dengan menggeser tuas ke N agar transmisi tidak mudah rusak akibat terbebani daya dorong dari mobil. Tapi ada pula yang justru sebaliknya.

Lantas mana yang paling benar dilakukan? Menjawab hal ini pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo, mengatakan pada dasarnya kedua persepsi tersebut tinggal tergantung situasi saat dilampu merah saja.

3. Suzuki XL7 Sudah Bisa Dipesan, Berminat Siapkan Rp 2 Juta

Suzuki telah memastikan bakal meluncurkan XL7, sebuah Low SUV yang mengambil basis dari Ertiga. Model ini kabarnya akan dikenalkan pada 15 Februari mendatang di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Meski belum resmi hadir, XL7 ternyata sudah bisa dipesan. Bocoran harga jual pun sudah banyak beredar di internet sejak awal 2020.

“Untuk pemesanan sudah dibuka, konsumen bisa menaruh booking fee sebesar Rp 2 juta,” ujar salah satu tenaga penjual diler Suzuki di Jakarta Selatan, kepada Kompas.com (10/2/2020).

4. Salah Kaprah Fungsi Tombol Overdrive di Mobil Transmisi Matik

Sebagian pengguna mobil matik pada umumnya sudah tak asing lagi dengan fitur overdirve (O/D). Fitur ini umum ditempatkan pada gagang tuas transmisi dengan bentuk tombol yang bisa ditekan untuk mengaktifkannya.

Lantas apa sebenarnya kegunaan dari fitur tersebut. Beberapa mengatakan untuk membantu deselerasi pengereman, bahkan ada yang mengira overdrive adalah sebagai fitur untuk engine brake pada mobil matik.

Apakah betul demikian, menjawab hal ini Hermas Efendi Prabowo, selaku pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan bila hal tersebut adalah salah persepsi yang sudah terlanjur berkembang di masayarakat.

5. Kenali Gejala Kerusakan Transmisi pada Mobil Manual

Kerusakan pada mobil, biasanya ditandai dengan sejumlah gejala yang bisa dirasakan oleh pengemudi. Saat merasakan ada gejala yang tidak beres, sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan ke bengkel.

Hal ini untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada mesin. Apabila sudah terjadi kerusakan yang cukup parah sebaiknya dilakukan penggantian dengan komponen baru.

Sehingga, kondisi mobil bisa kembali baik, aman dan nyaman saat dikendarai. Bagi para pemilik mobil dengan transmisi manual yang sering terjadi adalah permasalahan pada perangkat kopling.

Mulai dari kampas kopling atau plat kopling, cover kopling, roda gila atau flywheel dan juga bearing release.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/12/060200415/-populer-otomotif-arti-angka-dan-huruf-di-mobil-matik-xl7-sudah-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke