Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pahami Istilah Cat Oven pada Perbaikan Bodi Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan perbaikan bodi di bengkel ketok magic pasti melakukan pengecetan ulang pada bagian yang diperbaiki. Namun untuk melakukan pengecetan, bengkel-bengkel bodi ada yang menggunakan metode cat oven ada juga yang tidak.

Lalu ada istilah cat oven yang digunakan ketika pengecetan ulang. Istilah ini adalah nama lain dari cat yang digunakan ketika pengecetan ulang yaitu menggunakan cat jenis Poly Urethane (PU).

Oven sendiri merupakan ruangan tertutup yang bisa diatur suhu dari ruangan tersebut dengan fungsi mempercepat pengeringan cat pada bodi.

Biasanya dilakukan pada pengecetan bagian bodi secara keseluruhan. Untuk panel-panel kecil tidak harus menggunakan oven.

Supri, pemilik dari bengkel ketok magic Pak Haji Supri di Kalibata, Jakarta Timur mengatakan kalau penggunaan oven ketika mengecat hanya untuk mengeringkan cat dan menjadi tempat yang steril untuk proses pengecatan.

“Fungsi oven itu untuk mengeringkan cat, jadi bisa kapan saja melakukan pengecatan, sedangkan untuk bengkel yang tidak pakai oven, harus bergantung pada matahari,” ucap Supri kepada Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Hasil pengerjaan dari catnya sama saja, hanya perbedaan waktu pengeringan cat. Jika menggunakan oven waktu pengeringannya juga lebih cepat dibanding yang tidak.

Namun untuk pelanggan yang ingin menggunakan oven saat proses cat ulang, harus pintar memilih bengkel yang menggunakan oven mobil.

“Sekarang ada saja yang mengakali, oven mobil bukan yang asli, hanya ruangan yang diberi penerangan dari lampu yang tidak bisa diatur suhunya. Jadi hati-hati untuk memilih bengkel cat oven yang baik,” ujar Supri.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/04/152300315/pahami-istilah-cat-oven-pada-perbaikan-bodi-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke