Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Ini Jadi Modal NMAX 2020 buat Lawan Honda PCX

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia resmi merilis NMAX generasi baru. Beda dengan sebelumnya, skutik bongsor bermesin 155cc ini hadir dengan beberapa teknologi canggih dan fitur-fitur "kekinian".

Salah satu yang menarik perhatian adalah fitur Communication Control Unit (CCU) yang dapat memungkinkan pemilik NMAX baru memantau kondisi motor hanya dari layar ponsel pintar. Namun aplikasi ini hanya tersedia pada model NMAX varian teratas.

CCU ini akan terkoneksi via Bluetooth melalui aplikasi Yamaha Motorcycle Connect atau Y-Connect.

Sayangnya, meski motor sudh diperkenalkan, tapi hingga saat ini aplikasi tersebut belum diluncurkan oleh Yamaha, kemungkinan saat public launch di 2020 mendatang.

Deputy Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Hendri Wijaya, mengatakan bila aplikasi cerdas ini akan sangat memudahkan pengguna NMAX baru untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Bahkan diklaim yang pertama di kelasnya, karena belum dimiliki rivalnya, seperti Honda PCX atau ADV 150.

"Aplikasi ini pertama di Indonesia untuk di kelas NMAX. Dengan aplikasi ini, pemilik NMAX bisa memantau kondisi motor tanpa harus repot melihat langsung. Misal cek kondisi oli, baterai, sampai memunculkan notifikasi bila ada pesan masuk atau telepon," ucap Hendri ketika menjelaskan dalam seremoni peluncuran di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Secara keseluruhan, aplikasi ini memiliki lima keunggulan utama. Pertama untuk mengecek kondisi baterai dan oli mesin atau recommended maintenance secara live melalui layar ponsel.

Pemilik kendaraan cukup membuka aplikasi Y-Connect tersebut, lalu pilih fitur recommended maintenance.

Setelah itu akan tampil kondisi oli mesin serta voltase baterainya, lengkap dengan rekomendasi terkait perawatan.

"Jadi tidak perlu lagi sampai bongkar-bongkar untuk lihat oli atau aki, cukup dari layar ponsel saja," ucap Hendri.

Kedua fitur malfunction natofication yang dapat menampilkan notifikasi ke pemilik melalui akin email pribadi.

Pemilik juga bisa melihat langsung sisa bahan bakar dari layar ponsel setelah motor selesai digunakan.

Fungsi keempat, untuk melihat notifikasi pesan dan panggilan yang masuk ke ponsel pemilik NMAX dari layar speedometer.

Dengan begitu, pengguna NMAX baru tidak perlu repot menepi saat sedang berkendara.

Sementara yang terakhir adalah fitur Parking Location. Dengan fitur ini, pemilik NMAX akan dimudahkan mencari lokasi parkir motornya.

Y-Connect akan menyimpan spot terakhir kapan koneksi dengan ponsel terputus. Data tersebut dijadikan patokan lokasi terakhir parkir motornya.

"Misal kalau parkir di mall kan penuh, nah pemilik tidak pusing lagi cari lokasi di mana motornya diparkir, bisa dipantau langsung dari ponsel. Saat mesin dihidupkan dan ponsel sudah terhubung kembali, pada layar ponsel juga tampilan RPM pada speedometer," ucap Hendri.

Tak sekadar teknologi kekinian, mesin NMAX baru juga diklaim lebih bertenaga dengan beberapa ubahan yang dilakukan Yamaha.

Contohnya dengan penggunaan piston R15 yang membuat silinder head menjadi baru, katup diperbesar dan membuat rasio kompresi juga naik.

"Tenaga mesinnya naik sekitar 0,3 PS, dibanding model sebelumnya. Tenaganya meningkat dari 15,1 tk menjadi sekitar 15,4 tk," kata M. Abidin selaku GM Aftersales & Motorsport YIMM.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/03/144216815/fitur-ini-jadi-modal-nmax-2020-buat-lawan-honda-pcx

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke