Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biaya Servis dan Onderdil Datsun Tergolong Murah

JAKARTA, KOMPAS.com – Datsun sedang menghadapi situasi tak menyenangkan, termasuk di Indonesia. Meski belum mengeluarkan pernyataan resmi, namun dari berbagai informasi yang diperoleh, menyebutkan akan segera menutup fasilitas perakitan pada 2020.

Meski begitu, tak ada yang salah sebenarnya dengan produk Datsun. Bermain di segmen LCGC (Low Cost Green Car), model Go dan Go+ nyatanya terkenal sebagai mobil operasional yang bandel dan irit bahan bakar.

Hendry Samosir, Service Manager PT Mimosa Putra Abadi (MPA) diler Nissan Datsun di Bekasi Barat, mengatakan cukup banyak pemilik Datsun yang menggunakan kendaraannya sebagai mobil operasional sehari-hari.

“Selain dipakai buat harian, banyak juga yang dipakai sebagai armada taksi online. Artinya mobil ini bandel, bukan cuma disayang-sayang di rumah saja, sampai sekarang belum pernah dengar masalah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com (25/11/2019).

Selain andal dipakai, pemilik Datsun pasti akan merasakan murahnya melakukan perawatan LCGC yang meluncur sejak 2014 ini. Hendry mengatakan, saat ini pemilik yang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi terbilang cukup banyak.

“Konsumen yang datang juga masih normal, tidak ada gejala menurun atau berkurang. Malah untuk Datsun rata-rata ada sekitar 100 new entry customer tiap bulannya,” katanya.

“Pemilik Datsun rata-rata usia mobilnya masih muda, banyak yang kembali ke bengkel resmi karena masih garansi atau gratis servis. Tapi selain itu juga karena biayanya cukup terjangkau,” ucap Hendry.

Hendry mengambil beberapa contoh, biaya jasa servis berkala dipatok sekitar Rp 180.000-an . Komponen fast moving seperti filter udara, filter oli, fan belt, dan busi, masing-masing dihargai tak sampai Rp 100.000-an.

Bagian kaki-kaki apabila sudah rewel, harga spare part-nya juga masih terjangkau. Semisal tie rod, long tie rod, ball joint, bushing arm dibanderol sekitar Rp 150.000-an sampai Rp 200 .000-an. Sementara itu sepasang sokbreker dihargai Rp 500.000-an.

Sedangkan pada bagian pendinginan mobil, kipas radiator jika sudah harus diganti harganya berkisar Rp 400.000-an. Kemudian juga evaporator, yang sering dikeluhkan saat AC terasa tidak dingin, harganya Rp 1 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/26/071200215/biaya-servis-dan-onderdil-datsun-tergolong-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke