Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chevrolet Cabut dari Indonesia, Layanan Purnajual Dipegang Diler Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - General Motors (GM) resmi mengumumkan bakal menghentikan aktivitas penjualan di Indonesia. Rencana ini secara menyeluruh akan dimulai pada akhir Maret 2020.

Namun demikian, merek asal Amerika Serikat (AS) ini memastikan bakal tetap menjaga layanan purnajual serta ketersediaan suku cadang bagi setiap pemilik Chevrolet di Tanah Air.

Pernyataan ini dibuktikan oleh salah satu jaringan penjualannya, yakni Andalan Chrisdeco yang telah ditunjuk sebagai authorized service outlet (ASO) Chevrolet di Indonesia.

"Kami siap memberikan jaminan mulai dari perawatan atau purnajual, suku cadang, sampai garansi kendaraan bagi konsumen Chevrolet, jadi tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Kami sudah ditunjuk resmi oleh GM sebagai salah satu ASO dengan kontrak selama tiga tahun," ucap Branch Manager Chevrolet Andalan Damianus Darto kepada wartawan di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Menurut Damianus, saat ini Andalan memiliki empat cabang yang tersebar di beberapa area, yaitu di Pondok Indah-Jakarta Selatan, Samanhudi-Jakarta Pusat, Soekarno Hatta-Bandung, dan satu lagi ada di Yogyakarta.

Semua cabang Andalan ini akan tetap siap menerima layanan servis dan menjamin ketersediaan suku cadang kendaraan Chevrolet, meski nantinya GM sudah tak lagi menjual mobil di Indonesia.

"Sebenarnya yang paling banyak dikhawatirkan konsumen itu masalah warranty, karena namanya orang beli mobil baru itu kan dapat garansi tiga tahun. Tapi dengan adanya kepastian ASO ini, kami juga siap jamin memberikan layanan itu. Kami sendiri sudah memberikan informasi bagi konsumen-konsumen kami," ucap Damianus.

Lebih lanjut, Damianus mengatakan, pada ekosistem bisnis nantinya akan ada pergeseran. Lantaran tak berjualan produk lagi, jaringan diler Andalan ke depannya hanya akan melayani urusan purnajual serta ketersediaan suku cadang, termasuk masalah garansi-garansi.

GM memilih jaringan Andalan menjadi salah satu ASO karena cukup konsisten dalam hal penjualan. Selama tiga tahun, Andalan menjadi diler Chevrolet dengan pencapaian penjualan tertinggi, yang dibarengi dengan peningkatan kepercayaan konsumen.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/21/081200015/chevrolet-cabut-dari-indonesia-layanan-purnajual-dipegang-diler-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke