Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitsubishi Bicara Soal Perkembangan Xpander 1.3 L dan Kuda

OKAZAKI, KOMPAS.com – Mitsubishi Motors sempat dikabarkan tengah mengembangkan varian baru Xpander 1.3 L yang khusus diciptakan untuk mencaplok segmen fleet atau pembeli borongan.

Kini, ada informasi terbaru soal perkembangan rencana kemunculan model ini langsung dari Jepang.

Menurut Minoru Uehara, Chief Product Specialist B & C Segment, Product Strategy Division MMC, opsi varian baru Xpander dengan mesin lebih kecil sulit terwujud.

Selain itu, potensi pasar fleet yang tidak terlalu menjanjikan di Indonesia membuat alasan menciptakan segmen baru Xpander yang lebih rendah semakin berat.

“Mesin 1.3 L tidak cukup kuat untuk menanggung beban Xpander. Jadi agak sulit menciptakannya,” kata Uehara kepada KOMPAS.com, di Okazaki, Nagoya, Kamis (24/10/2019).

Uehara juga menyadari, memang saat ini kompetitor, dalam hal ini Avanza, masih mendominasi segmen fleet di Indonesia. Namun, alasan itu belum cukup kuat bagi Mitsubishi harus ikut terjun bersaing di segmen tersebut.

Mitsubishi Kuda

Sementara itu, jelang kemunculan model terbaru Xpander Crossover, juga sempat terdengar ada isu kalau Mitsubishi berniat melahirkan kembali MPV yang sudah hilang di pasar, Kuda.

Rumors ini terdengar dari salah satu media di Filipina, lokasi di mana Mitsubishi Kuda (Adventure di Filipina) cukup kuat ketika dipasarkan, awal tahun 2000-an.

“Menurut Anda, apakah bisa kompetitif jika Mitsubishi ikut berjualan di segmen itu (Kijang Innova)?” Tanya Uehara kepada KOMPAS.com.

Sayang Uehara belum mau melanjutkan penjelasan terkait kemunculan produk MPV menengah ini.

Mitsubishi Kuda pertama kali meluncur di Indonesia, pada 1999, ketika itu bersaing langsung dengan Toyota Kijang (kapsul) dan Isuzu Panther. Mitsubishi membekali Kuda dengan pilihan mesin bensin 1.6 L, 2.0 L, serta , 2.5 L diesel.

Setelah berjibaku di pasar, akhirnya Mitsubishi memutuskan menghentikan langkah Kuda, dengan stop produksi pada 2005.

Sementara di Filipina, eksistensi Kuda masih berlanjut, baru kemudian dihentikan produksinya 2 tahun lalu, tepatnya 2017.

Selain Indonesia dan Filipina, Kuda juga dipasarkan ke negara lain dengan sebutan berbeda, antara lain Mitsubishi Jolie di Vietnam, Soueast Freeca (China), dan Africar Landio atau Jockey (di Afrika Selatan).

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/07/100000515/mitsubishi-bicara-soal-perkembangan-xpander-13-l-dan-kuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke