Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Bebek Usia 5 Tahun, Komponen Apa Saja yang Wajib Diganti?

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terbuat dari material logam, tapi komponen pada sepeda motor tetap memiliki batas usia pakai. Tujuannya adalah agar performa motor tetap dapat bekerja secara optimal.

Apalagi, jika motor bebek tersebut digunakan untuk keperluan harian. Tentunya, kilometer yang ditempuh juga mungkin saja mencapai angka 50.000.

Wahyudin, Kepala Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, secara umum ada beberapa komponen yang perlu diganti, setiap 20.000 km atau dua tahun, seperti minyak rem, cairan pendingin radiator, ban luar depan dan belakang.

Lalu, setiap 16.000 km atau 1,5 tahun perlu mengganti saringan udara dan kanvas rem depan dan belakang. Tiap 30.000 km atau tiga tahun, sebaiknya mengganti aki. Busi dan oli gardan tiap 8.000 km.

"Nah, kalau yang umur lima tahun, biasanya lebih ke komponen mesin, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, crankshaft dan bearing big end, seal-seal, O-ring, serta gasket atau paking," ujar Wahyudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahyudin menambahkan, untuk motor bebek, biasanya perlu juga untuk mengganti kanvas kopling otomatis, kanvas kopling manual, dan rumah kopling.

Sedangkan untuk harganya, biasanya berbeda-beda tiap tipe. Sebab, ada perbedaan untuk kapasitas mesin atau modelnya. Tidak semua komponen dapat disubstitusikan untuk tipe motor bebek yang berbeda.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/01/082200515/motor-bebek-usia-5-tahun-komponen-apa-saja-yang-wajib-diganti-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke