Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AISI Optimistis Target Ekspor Motor Tahun Ini Bisa Tercapai

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekspor sepeda motor dari para produsen di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan. Selama periode Januari-September 2019, kenaikannya hingga 30 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan ekspor hingga September 2019 mencapai 600.077 unit. Sedangkan pada periode yang sama di 2018, hanya mencapai 436.730 unit.

Melihat pertumbuhan besar tersebut, Ketua Bidang Komersil Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, yakin target ekspor tahunan untuk roda dua bisa tercapai.

"Target kami untuk ekspor adalah 10 persen dari total penjualan nasional. Saat ini, sudah sekitar 11 persen dengan growth 40 persen dibanding tahun lalu. Lalu, di 2018 kontribusi ekspor juga hanya 9,8 persen ," katanya saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Adapun jumlah total ekspor periode 2018 selama Januari hingga Desember tercatat sebanyak 627.421 unit, dengan total penjualan domestik 6,383,108 unit.

"Hingga akhir tahun menurut saya ekspor akan tetap bertambah. Salah satu faktornya, karena produk kita memiliki kualitas baik sehingga diterima pasar internasional," ujar Sigit.

Faktor lain yang melandasi keyakinan tersebut adalah terdapat perluasan negara tujuan ekspor kendaraan roda dua oleh para eksportir motor dari dalam negeri, membaiknya perkembangan ekonomi di negara-negara tujuan, pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), serta tingginya produksi motor di dalam negeri.

"Tidak ketinggalan, yang paling penting adalah harga motor yang diekspor dari Indonesia cukup kompetitif di sana. Kami harap, situasi keuangan terus stabil sehingga suku bunga dapat bertahan," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/25/081200315/aisi-optimistis-target-ekspor-motor-tahun-ini-bisa-tercapai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke