Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Biaya Rekondisi Eksterior Mobil, Ternyata Tak Mahal

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kekurangan mencari mobil bekas adalah sulit mendapatkan unit yang tampilannya masih segar. Konsumen biasanya akan lebih dulu mementingkan kondisi surat-surat lengkap dan mesin yang baik ketimbang kondisi eksterior.

Meski begitu tak perlu khawatir, sebab mengembalikan keaslian eksterior terbilang mudah. Terutama jika kondisi bodi relatif mulus dan tidak ada lecet atau bekas tabrakan.

Menurut Raymundus Arief Business Development Manager Scuto Indonesia, penyakit di sisi eksterior pada mobil usia lima tahun ke atas adalah permukaan cat yang memudar dan tampak kusam, serta kaca yang tak lagi bening.

“Kalau kondisi eksterior masih dalam kondisi baik, cara termudah untuk membuatnya seperti baru yaitu dengan melakukan poles bodi dan kaca,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Poles bodi dan kaca terbilang mudah, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tahapannya dimulai dengan mencuci mobil hingga bersih, kemudian memberikan obat cairan khusus pada bagian bodi serta kaca.

Kalau Anda memiliki mesin poles bodi, langkah pemberian coating akan lebih maksimal. Sebab prosesnya memang cukup memakan waktu, jadi Anda memang harus lebih sabar dan telaten agar hasilnya maksimal.

Usai melakukan proses poles bodi dan kaca, niscaya warna cat akan mengilap dan mendapat efek hidrophobic atau efek daun talas. Kaca pun tampak lebih jernih, karena sudah diberikan lapisan anti jamur.

Langkah rekondisi eksterior mobil ini juga akan membersihkan bodi secara total dari berbagai noda. Mulai dari goresan halus, noda aspal, hingga beragam partikel kotoran yang menempel pada cat.

Jasa coating bodi dan kaca ini juga ditawarkan oleh Ray dengan biaya mulai Rp 3 juta untuk mobil ukuran kecil seperti hatchback dan city car, serta Rp 4 juta untuk mobil ukuran medium seperti MPV.

Sedangkan untuk mobil ukuran besar biayanya Rp 4,5 juta, dan mobil-mobil di kelas premium sebesar Rp 6,5 juta.

“Proses pengerjaannya dilakukan sehari penuh, dari pagi sampai sore atau malam tergantung kepadatan outlet, atau juga bisa datang ke rumah konsumen. Kami juga kasih garansi selama dua tahun,” kata Ray.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/22/082200815/ini-biaya-rekondisi-eksterior-mobil-ternyata-tak-mahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke