Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Satu-satunya Aston Martin James Bond yang Ada di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Concours d'Elegance yang digelar oleh Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) juga menampilan mobil-mobil yang sangat langka.

Salah satu mobil langka yang hadir adalah Aston Martin DB5 produksi tahun 1964.

Untuk para penggemar berat film James Bond, mungkin mobil ini jadi salah satu mobil impian. DB5 menjadi andalan agen 007 tersebut mulai dari Goldfinger, Thunderball, On Her Majesty’s Secret Service, The Living Daylights, Golden Eye, Tommorow Never Dies, The World is Not Enough, Die Another Day, Casino Royale, Quantum of Solace, Skyfall, dan terakhir, Spectre.

Pria yang akrab disapa Joe tersebut mengaku dibantu oleh Aston Martin Jakarta untuk perawatan dan juga restorasi jika ada bagian-bagian yang kurang.

"Mereka setiap tahun ada chief mechanic dari Inggris yang datang untuk mengecek mobil ini. Sebab, mobil ini kan termasuk peninggalan bersejarah buat mereka dan mereka ingin mempertahankan mobil ini," ujar Joe, kepada Kompas.com.

Joe menambahkan, kesulitan yang paling tinggi dalam merestorasi mobil tersebut ada di bagian mesin. Menurutnya, sulit untuk membuat mesin ini menjadi sehat kembali. Sebab, mobil tua itu butuh kesabaran dan hasrat yang tinggi.

"Mobil ini cuma ada 1.023 unit dan sekarang mungkin jumlahnya semakin sedikit. DB5 di Asia cuma ada dua unit, satu di Indonesia dan satu lagi di Jepang," kata Joe.

Spesifikasi asli DB5 menggunakan mesin 4.0L yang disokong tiga karburator. Tenaga maksimalnya 282 tk dan sanggup dikebut sampai 233 kpj.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/22/140100915/ini-satu-satunya-aston-martin-james-bond-yang-ada-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke