Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Test Fitur Berhenti Otomatis Mobil Baru Honda Accord

Salah satu yang diunggulkan Honda pada mobil barunya adalah fitur pengereman otomatis pencegah benturan. Kelengkapan tersebut diperkenalkan Honda dengan julukan, Collision Mitigation Braking System (CMBS).

CMBS bekerja menggunakan milimeter wave radar unit yang terletak di lubang udara bemper depan dan monocular kamera di belakang spion tengah. Fungsinya untuk mendeteksi kondisi di depan mobil.

Unit radar dan kamera CMBS bekerja bersama dengan modulator kontrol stabilitas untuk menginisiasi langkah pengereman yang dibutuhkan.

Kamera monokular pada CMBS dapat mengenali berbagai bentuk dan ukuran obyek untuk membedakan antara kendaraan dan pejalan kaki.

Meski demikian, CMBS tidak dapat sepenuhnya mendeteksi seluruh obyek yang berada di depan mobil untuk menggantikan fungsi pengendalian pengendara.

Pengemudi tetap berperan aktif untuk melakukan tindakan pencegahan dan harus selalu saat berkendara, termasuk saat menggunakan sistem ini.  

Walaupun dalam banyak kondisi CMBS dapat menghentikan kendaraan, sistem ini juga tidak sepenuhnya ditujukan untuk menghindari tabrakan.

Selain itu, jika fitur ini aktif selama 5 kali dalam satu periode perjalanan, maka pengemudi harus mematikan mobil dan kembali menghidupkan sebelum melanjutkan perjalanan. Langkah tersebut digunakan untuk mereset program.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/25/120200015/test-fitur-berhenti-otomatis-mobil-baru-honda-accord

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke