Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kawasaki Ninja H2 Carbon, Hanya Ada Satu di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Pekan ke-12 ini, awak redaksi menghadirkan Kawasaki Ninja H2 Carbon. Motor ini sempat menjadi perbincangan dan cukup fenomenal saat akhirnya dirilis ke Tanah Air. Sebab, hanya ada satu unit di Indonesia.

Semua berawal dari Kawasaki Heavy Industries (KHI) yang membuat gebrakan dengan menghadirkan Ninja H2. Sebelum dirilis, motor sport full fairing ini banyak dibicarakan karena sudah dibekali dengan supercharger. Sebab, tidak banyak motor sekarang ini yang mendongkrak performa mesinnya dengan perangkat tersebut.

Untuk mesinnya, Kawasaki membuat mesin baru berkapasitas 998 cc dengan empat silinder segaris. Dengan 6 percepatan bertransmisi manual, motor ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 212 tk pada 11.000 rpm dan torsi maksimumnya 133,5 Nm pada 10.000 rpm.

Kawasaki juga mengklaim tenaga yang dihasilkan mesin ini merata, mulai dari putaran bawah hingga putaran atas. Kecepatan tertingginya diklaim dapat menyentuh 245 kpj. Kemampuan akselerasinya sendiri dari 0-100 meter dapat ditempuh dalam waktu 2,6 detik.

Bedanya dengan Ninja H2 standar, Ninja H2 Carbon ini dilengkapi Carbon-fiber Upper Cowl dengan model limited edition. Bahan yang digunakan adalah serat karbon dengan karakter sangat kaku, tapi juga sangat ringan. Kawasaki menamainya dengan lightweight CFRP (Carbon-Fiber Reinforced Polymer). Hampir mirip dengan versi non legalnya, yakni H2R.

Selain itu, ada juga penambahan paket elektronik Kawasaki paling canggih dan suspensi belakang Ohlins TTX. Sementara mesinnya, masih sama seperti Ninja H2 standar.

Ninja H2 Carbon sendiri baru dirilis tahun 2017. Kawasaki membuat motor ini sebagai edisi terbatas dengan hanya 120 unit yang mereka jual ke seluruh dunia. Indonesia sempat mendapat jatah satu unit, dengan nomor seri 71.

Motor ini dibeli oleh seorang pengusaha asal Kalimantan, Amin Andrianto. Pria tersebut menebus motor ini dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dengan harga Rp 835.000.000.

Dengan hanya ada satu unit di Indonesia, Ninja H2 Carbon dengan nomor seri 71 tersebut dipastikan akan menjadi motor yang sangat langka. Tak heran jika suatu saat motor ini dijual, harganya bisa melebihi dari harga barunya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/05/194200815/kawasaki-ninja-h2-carbon-hanya-ada-satu-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke