Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Harley-Davidson Mau Diajak "Off-Road" ke Hutan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia kustom sepeda motor memang tak pernah terikat dengan salah satu hal atau aliran tertentu. Contohnya seperti karya Harley-Davidson Sportster lansiran 1998 XLH883 garapan CEO K&H Co, Chikara Ueyama.

Beda dengan kebanyakan kustom Harley lain yang umumnya mengedepankan konsep Bobber, Chopper, atau bahakan Flat Tracker, Ueyana justru memilih konsep Scrambler. Hasil akhirnya pun patut diacungi jempol, karena selain rapi, boleh dibilang kustom yang dilakukannya cukup kontras antara sektor satu dengan lainnya.

Ueyana mengaku proses pengerjaannya memang tidak dikejar oleh waktu, dia sendiri menyelesaikan rancang bangun motor ini dalam waktu tiga tahun. Bukan karena kesulitan, melainkan banyak komponen dari motor ini yang dibuatnya sendiri alias handmade.

Mulai dari subframe, skid plate, sampai kustom tangki bahan bakar dengan model klasik dan berdimensi mini. Menariknya, material yang digunakan rata-rata menggunakan serat karbon.

"Ini adalah mesin motor saya pribadi, saya membangun dengan konsep Scrambler karena menginginkan sebuah motor yang bisa digunakan ke mana saja. Saya sendiri suka dengan adventure dan off-road dan membuat motor ini menghabiskan waktu saya sampai tiga tahun," ucap Ueyama yang disitat dari Bikebound.com, Minggu (16/6/2019).

Ubahan paling besar selain tampilan ada di sektor kaki-kaki yang dibuat lebih berisi dan berjenjang. Suspensi depan kini menggunakan model upside down, sementara pada bagian belakang dipilih keluaran Ohlins TTX yang memiliki dimensi cukup tinggi dan membuat "tongkrongannya" pun benar-benar seperti motor penggaruk tanah.

Sementara untuk roda menggusung konsep jari-jari dengan balutan ban "tahu" yang khas digunakan untuk bermain tanah atau motor-motor enduro. Tenaga yang dikeluarkan dari mesin V-Twin milik Harley ditampung menggunakan knalpot Akrapovic berkonfigurasi 2into1.

Meski cukup drastis, tapi Ueyama tak mau identitas sejati dari Harley hilang tergerus konsep ubahannya. Karena itu, untuk urusan mesin pun diklaim tidak banyak berubah, sedangkan untuk tampilan mulai dari lampu depan, speedometer, oil tank, cover filter udara sampai spatbor belakang sengaja masih dipertahankan.

"Saya sengaja mempertahankan beberapa identitas asli dari Harley khususnya yang memiliki karakteristik khusus Sportster 883 di beberapa area. Jadi tidak semuanya total saja gantikan dengan komponen lain," kata Ueyama.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/17/092200815/ketika-harley-davidson-mau-diajak-off-road-ke-hutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke