Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumen Avanza Dominasi Posko Mudik Toyota

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Sejak beroperasi 29 Mei 2019 lalu, posko siaga Toyota rupanya sudah ramai disambangi konsumen yang akan mudik ke berbagai tujuan. Mereka datang untuk melakukan pengecekan kendaraan, bahkan ada beberapa yang sekaligus melakukan perawatan dan perbaikan usai menempuh perjalanan jauh.

Contohnya seperti posko mudik Auto2000 di Km 57, Cikampek. Sejak pertama dibuka sudah ada ratusan pemilik Toyota yang datang melakukan beragam perawatan sebelum melanjutkan perjalanan mudik.

"Sudah ada 149 unit sejak kami buka. Paling banyak melakukan pengecekan kendaraan, tapi ada juga pemudik yang sekaligus memanfaatkan untuk servis berkala. Total revenue-nya sudah Rp 50 juta lebih," kata Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yulianan, kepada Kompas.com, Minggu (2/6/2019).

Menurut Indah, diprediksi sampai jelang H-1 Lebaran posko mudik Toyota masih akan ramai karena pola mudik cenderung terurai. Hal ini lantaran musim libur yang lebih panjang di awal, selain itu juga akibat adanya rekayasa lalu lintas sepeti contraflow dan one way.

Sementara untuk jenis mobil yang datang untuk melakukan perawatan, Indah mengatakan, didominasi oleh tiga produk unggulan Toyota, yakni Avanza, Innova, Rush. Konsumennya pun beragam, bukan hanya dari wilayah Jabodetabek saja tapi ada juga yang dari Pulau Sumatera.

Secara terpisah, Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Bayu Prasetya, juga mengungkapkan hal senada. Menurut Bayu, rata-rata konsumen yang mampir ke posko siaga di Ungaran tepatnya di Km 429 ruas tol Semarang-Solo juga didominasi oleh Avanza.

Namun tingkat perawatan yang dilakukan beragam, mulai dari sekadar servis ringan sampai beberapa masalah radiator dan yang terbesar adalah kerusakan air conditioner (AC) atau pendingin udara.

"Beberapa ganti oli, ada juga yang sampai mengalami kerusakan AC akibat belt yang rusak. Tapi semua bisa ditangani karena memang spare part sudah kami siapkan, jadi tidak sampai menunggu seharian mobil bisa digunakan lagi. Masalah AC ini lebih cendrung karena minim perawatan dari pemilik, jadi baiknya memang dicek lagi sebelum jalan atau saat balik nanti," kata Bayu.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/03/072200215/konsumen-avanza-dominasi-posko-mudik-toyota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke