Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalah dengan MotoGP, Ini yang Bikin F1 Indonesia Patut Diperjuangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Sepang, Malaysia, sudah tidak menggelar F1 karena dianggap kurang menguntungkan dari sisi penyelenggara. Kini Indonesia berniat menggelar F1 guna meningkatkan citra sebagai negara tujuan sport tourism.

M Wahab S, pengamat otomotif, komentator F1, dan pendiri Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif Indonesia (FK3O) mengakui peminat MotoGP lebih besar ketimbang F1. Namun gelaran balap internasional tak sekadar soal angka turis.

"Kalau dilihat fakta secara angka, tiga tahun lalu Sirkuit Sepang menjual sebanyak 45.000 tiket untuk F1 dan 166.000 tiket untuk MotoGP. Ini bukti MotoGP memang lebih banyak peminat dibanding F1, tetapi kita kembalikan apa tujuan menggelar balapan internasional di Indonesia. Mestinya angka yang sama sekitar 40.000-50.000 pengunjung akan hadir bila kita selenggarakan di Mandalika dan itu sudah cukup untuk mengangkat nama Indonesia di dunia international," kata Wahab kepada Kompas.com.

Wahab mengatakan, secara teori Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, sangat cocok untuk mengelar balapan F1 dilihat dari eksotisme lokasi, dan akomodasi karena lombok mempunyai hotel bintang skala international.

"Saya memprediksi minimal 70.000 penggemar akan hadir dalam penyeleggaraan GP di Mandalika," katanya.

Erick Thohir, Ketua Komite Olimpiade Indonesia dan kandidat anggota International Olympic Committe (IOC) dalam rangka nominasi Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mengatakan, sayang jika Sirkuit Mandalika hanya untuk balapan motor saja.

"Kita melihat kesempatan ini tidak hanya sebagai penyelenggara, tetapi bagaimana kita kaitkan dengan investasi ke depan, investasi pariwisata. Kita tahu Indonesia tidak hanya menjajaki halal tourism, tapi juga menjajaki menjadi negara yang tidak kalah bersaing dengan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia dalam menjual sport tourism ataupun kebudayaan," kata Erick.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/05/28/164731815/kalah-dengan-motogp-ini-yang-bikin-f1-indonesia-patut-diperjuangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke