Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknologi Keyless Bisa Jadi Solusi Hadapi Begal

JAKARTA, KOMPAS.com - Tindak kriminal yang mengincar pengguna kendaraan bermotor semakin beragam modus operandinya. Modus terbaru adalah cabut kunci saat motor sedang melaju, seperti pada video yang viral baru-baru ini.

Untuk mencegah hal ini terjadi, tentu dibutuhkan kesigapan dari pengendara sepeda motor. Namun, namanya manusia tentu terkadang ada lengahnya. Di saat lengah inilah momen yang berbahaya bisa terjadi.

Sekarang ini, beberapa produsen motor sudah menggunakan teknologi keyless atau tanpa anak kunci. Fitur yang biasanya hanya diberikan di motor-motor kelas menengah ke atas ini tentu bisa jadi solusi dari modus operandi cabut kunci.

Dadan Danil, Technical Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan teknologi keyless yang ada pada motor Suzuki.

"Sebenarnya kunci di motor Suzuki masih bisa dicabut di posisi tertentu. Tapi walaupun kuncinya diambil, jika tidak ada remote sama saja motor tak akan bisa menyala," jelas Dadan, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/5/2019).

Begitu pun dengan teknologi keyless yang ada di Honda. Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), menjelaskan bahwa keyless lebih aman dari begal dengan modus cabut kunci.

"Memang kalau Honda sudah menggunakan keyless, berarti tidak memiliki anak kunci kontak yang menempel di motornya. Berarti tidak ada yang akan diambil oleh begal pada saat berjalan," ujar Endro.

Selain Suzuki dan Honda, Yamaha dan Kawasaki juga sudah mengaplikasi teknologi keyless pada beberapa produk mereka.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/05/19/110200315/teknologi-keyless-bisa-jadi-solusi-hadapi-begal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke