Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurus "Hansa Renkei" Auto2000 demi Jaga Loyalitas Konsumen

SURABAYA, KOMPAS.com - Kompetisi persaingan bukan hanya terjadi dalam sektor penjualan mobil, tapi juga dalam hal memanjakan konsumen. Diperlukan strategi yang jitu dan komitmen tim yang solid untuk mencapai kepuasan pelanggan, baik dari sales dan aftersales.

Menyikapi kondisi ini, Auto2000 menerapkan strategi Hansa Renkei yang salah satunya telah sukses dilaksanan oleh cabang HR Muhammad Surabaya, Jawa Timur. Bahkan diler ini pun dijadikan role model bagi diler Toyota lain yang ada di Tanah Air.

Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Andreas Totok Sugianto, menjelaskan, Hansa Renkei merupakan suatu kebersamaan dari beberapa divisi, dalam hal ini sales dan aftersales agar terjadi satu sinergi. Dengan mengutamakan kenyamanan karyawan selama bekerja, maka karyawan akan memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen.

"Dengan sinergi tersebut, konsumen yang puas akan loyal. Dampaknya, konsumen akan membeli kembali produk Toyota serta merekomendasikan produk juga layanan Auto2000 sehingga market terus berkembangan dengan adanya konsumen baru," ucap Totok kepada media di acara Auto2000 Jawa Timur Region Exploration di Surabaya, Rabu (20/3/2019).

Hansa Renkei menuntut kolaborasi antar divisi untuk menyajikan layanan terbaik, baik dari tim sales yakni sales advisor maupun tim after sales yang terdiri atas service advisor general repair (GR/perawatan dan perbaikan mobil) dan service advisor body and paint (BP). Sales advisor memegang peran penting karena memiliki database pelanggan yang bisa diolah untuk menyajikan layanan prima Auto2000 yang bisa saja terlewatkan karena pemilik mobil sibuk atau lupa mengatur jadwal.

Baik dari GR dan BP juga dituntut memiliki hubungan personal dengan pelanggan. Harapannya, dengan demikian bisa mengerti kebutuhan pemilik mobil dalam perawatan kendaraan.

"Selain kedekatan personal, ada konsep Hansa Renkei lain untuk kemudahan dan kenyamanan pelanggan. Seperto dari program penjualan yang menjanjikan kemudahan perawatan kendaraan, baik program gratis oli, waiting greeting, service menu, go care, fast track, pre-sale booking, SA Tag, reminder service, dan berbagai terobosan lainnya guna meningkatkan kepedulian pelanggan untuk merawat mobilnya," ujar Totok.

“Implementasi Hansa Renkei membuat Auto2000 dapat menyajikan pelayanan terbaik, personal dan mengesankan pelanggan. Contohnya pada cabang Auto2000 HR Muhammad Surabaya, pelayanan yang diberikan tidak hanya memberikan kepuasan sesuai ekspektasi tapi juga harus bisa lebih, sehingga menjadi pelanggan setia yang bahkan menjadi advokad Toyota dengan word of mouthnya,” ucap Ricky.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/03/21/084200015/jurus-hansa-renkei-auto2000-demi-jaga-loyalitas-konsumen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke