Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Energica Jelaskan Fitur Keselamatan Motor Balap Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Musibah kebakaran yang menimpa penyelenggara balap motor listrik MotoE, membuat sebagian orang bertanya mengenai kualitas dan fitur keselamatan yang disematkan pada motor listrik tersebut.

Motor yang diproduksi oleh produsen motor Energica tersebut diketahui ikut terbakar akibat arus pendek yang terjadi pada malam Rabu (14/3/2019) lalu.

Menepis hal ini, Technical Director Energica, Giampiero Testoni mengungkapkan produk mereka sudah melewati pengujian keselamatan. Motor Energica Ego dikatakan melewati seluruh tes dengan sangat baik.

“Dalam 10 tahun motor kami tidak pernah ada masalah. Kami yakin dengan sistem keamanan dan keselamatan kami, baik di sirkuit maupun di jalan. Tes yang kami laksanakan juga berdasarkan standar motor jalanan dan motor kami memenuhi standar tersebut di semua kondisi jalan,” ucap Testoni dikutip dari GPone.com, Senin (18/3/2019).

Testoni mengungkapkan dalam kondisi terbakar, motor listrik memiliki risiko yang hampir sama dengan motor biasa. Bahkan motor dengan bahan bakar fosil lebih berbahaya dibanding dengan baterai.

Testoni juga menjelaskan, dalam hal peningkatan suhu (thermal runaway), resiko motor listrik menyerupai dengan baterai telepon genggam. Namun pihak Energica mengungkapkan sudah melakukan langkah pengamanan jika baterai motor mereka mencapai kondisi ini. 

“Faktanya kami tidak pernah mengalami peningkatan suhu selama 10 tahun memproduksi motor listrik,” ucap Testoni.

Fitur keselamatan yang disematkan Energica antara lain baterai dapat mengontrol temperatur dan juga voltase. Misal ketika baterai tengah diisi dayanya, baterai tidak akan mengijinkan aliran listrik masuk bila temperatur sudah terlalu tinggi.

Saat digunakan, jika baterai mencapai suhu tinggi, tenaga motor akan dikurangkan dan akan menyerap arus listrik dari baterai. Ini dikatakan menghindarkan dari resiko suhu baterai meningkat.

Testoni juga mengungkapkan setelah bencana kebakaran tersebut, Energica langsung bergerak untuk memastikan kompetisi motor listrik ini terus berjalan. Produksi motor balap listrik dimungkinkan selesai dalam kurun waktu dekat, meski jadwal balapan sudah diumumkan diundur.

“Kami bekerja keras bersama dengan suplier dan sponsor kami, memastikan bahwa kompetisi ini akan dapat dimulai secepatnya,” ucap Testoni.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/03/18/120200715/energica-jelaskan-fitur-keselamatan-motor-balap-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke