Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Profil 8 Motor Kustom Indonesia yang Tampil di Yokohama

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjuangan membawa motor-motor kustom anak bangsa dalam program Kustomfest Indonesia Attack, kembali berlanjut. Pada 2018 ini, ada delapan motor garapan builder lokal yang akan unjuk karya di ajang The 27th Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2018.

Lulut Wahyudi, Direktur Kustomfest menjelaskan, delapan motor yang akan tampil merupakan karya terbaik yang lahir dari pengiat kustom Tanah Air.

"Semuanya datang dengan desain yang berbeda dan ini menjadi ciri khas Indonesia, dimana dengan segala budaya dan keberagaman yang ada justru menjadi kekuatan untuk bersatu mengangkat nama bangsa,” kata Lulut dalam keterangan resminya, Jumat (30/11/2018).

Berikut profil singkat dari kedelapan motor yang siap riuhkan Yokohama Hot Rod Custom Show pada 2 Desember 2018 ;

1. Badak Agung - Kawasaki ZR 600 2001

Motor kustom garapan AMS Garage dari pulai Dewata ini datang mengambil konsep sebuah cafe racer berbasis Kawasaki ZR 600 lansiran 2001. Ubahan yang diaplikasi memang terlihat kuat dengan kaki-kaki yang menggunakan limbah moge, tak heran bila dinamakan Badak Agung.

Sektor frame juga dibuat secara handmade. Sementara bagian unik ada pada desain fairing depan yang dibuat atas dasar inspirasi epala yang digunakan pendekar samurai Jepang tempo dulu.

2. Gajah Ireng - AMG Garage

Selain membawa motor kustom Badak, ternyata Ajus juga ikut menyertakan satu karya kustom yang dijuluki Gajah Ireng. Bebeda dengan sebelumnya, motor kustom kali ini dibuat menggunakan aliran Prosteet American yang menggunakan basis mesin Harley Davidson S&S.

3. The Falcon - Queen Lekha Choppers

Menggunakan basis rancang bangun mesin S&S Knucklehead KN 74, Yayack mencoba memberikan tema Native American pada motor bergaya oldschool chopper yang digarapnya hanya dalam waktu tiga bulan. Konsep yang kuat direfleksikan dalam setiap detail motor, selain itu aspek estetika dan teknikal tak luput dari tangan dingin Queen Lekha Choppers.

4. Kanjeng Nyai - Psycho Engine

Sukses membuat gempat ajang serupa di tahun lalu denan Honda Tiger lima silindernya, kini Yusuf Adib kembali hadir membawa Kanjeng Nyai. Motor bekelir hijau itu lahir dari Honda CB lansiran 1976 yang kini telah disulapnya memiliki tiga silinder dengan konsep W-Engine.

5. RCG 545 Chopper - Ndra King

Perserta selanjutnya datang dari rancang bangun Harley Davidson Sovelheat yang dibuat ke arah Traditional Chopper. Motor bermotif kain Songket Palembang ini dirancang bangun menggunakan bahan alumunim untuk sektor bodinya.

6. Gerald 22 - Gege's Garage

Karya kelima datang dari Harley Davison Sporster 2006 yang aslinya digarap secara kolaborasi antara Ndra King dan Gege's Garage Pekanbaru. Beda dengan karya lain, motor ini dibuat dari sebuat ikra antara seorang ayah dan mendiang anaknya.

Drakon - Imagineering Customs

Body kit motor ini menggunakan satu bagian utuh dan memasukan banyak sekali sentuhan bentuk 3D dan 100 persen dikerjakan secara handmade. Segi eksterior yang merupakan nafas dari motor Bagger disematkan melalui pelek dengan menggunakan ukuran 30 inci dipadukan dengan gaya Bagger low rider. Untuk menambah kesan klasik pada motor ini ditambahkan melalui aplikasi jockey shifter model old skool dikombinasikan dengan kecanggihan teknologi triptonic dan juga tambahan pro charge sebagai tambahan tenaganya.

8. My Baager - Imagineering Customs

Menemni Drkaon, Tedja juga ikut membawa Harley bergaya Baager. Motor yang datang dengan konsep fairing futuristik ini tampil menarik dengan paduan warna hitam bertabur glitter.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/12/01/090200315/ini-profil-8-motor-kustom-indonesia-yang-tampil-di-yokohama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke