Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mungkinkah "Smart Key" Terpasang pada Ninja 250 Lawas?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki sudah memperkenalkan pembaruan dari Ninja 250 model year 2019 pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 pekan lalu. Motor sport 250 cc ini hadir dengan fitur smart key sebagai penambahan paling menarik perhatian.

Fitur yang diberi nama Kawasaki Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS) ini sayangnya tidak diberikan pada varian standar model year 2019. Sebagian penggemar Kawasaki kemudian bertanya, apakah fitur smart key ini dapat dipasangkan pada varian standar atau model lama Ninja 250.

“Saya bilang memungkinkan. Tetapi dengan catatan akan membutuhkan banyak komponen tambahan, cukup rumit,” ucap Deputy Head Sales and Promotion Division PT KMI Michael C Tanadhi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Michael mengungkapkan pihaknya sendiri saat ini hanya menyediakan spare part smart key yang sudah ada untuk berjaga misal ada yang kuncinya hilang. Untuk model lama, Michael pun mengungkapkan akan sangat banyak bagian motor yang harus di tambahkan. 

“Kalau beda harga dengan yang model lama dengan model baru dengan fitur smart key ini sekitar Rp 2 juta. Ubahannya dari standar ke smart key sangat banyak,” ucap Michael.

Cara penggunaan kunci ini cukup mudah. Pengendara cukup mengantongi kunci yang akan mengirimkan sinyal dalam jarak dua meter kepada KIPASS ECU. Sinyal kemudian dikirim ke starter mesin untuk dapat menyalakan mesin Ninja 250 ini.

"Penambahan fitur ini berdasarkan survey konsumen. Mereka bilang yang paling ingin ditambahkan pada model terbaru Ninja adalah fitur keamanan ini," ujar Michael.

Produk Ninja terbaru ini hadir dengan empat varian yakni Ninja 250 Std yang dilabeli harga Rp 61,9 juta, Ninja 250 SE (cat magnetic) Rp 69,9 juta, Ninja 250 ABS SE Rp 74,1 juta, dan Ninja 250 ABS SE MDP Rp 74,6 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/11/05/110200315/mungkinkah-smart-key-terpasang-pada-ninja-250-lawas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke