Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Capaian Positif Hasil Ganjil-Genap di Jalanan Ibu Kota

"Kalau kami ingin kebijakan ganjil genap dibuat permanen saja. Ini bukan tanpa alasan, karena kami pegang data banyak positifnya dari kebijakan ini," ucap Yusuf yang dikutip ntmcpolri.info, Senin (22/10/2018).

Berdasarkan data, selama penerapan perluasan ganjil genap tren positi cukup meningkat. Mulai dari pengguna transportasi umum yang bertambah, sampai kecepatan rata-rata kendaraan yang meningkat menjadi 25,6 kpj dari sebelumnya hanya 20,6 kpj.

Tidak hanya itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) Bambang Prihartono juga menjelaskan bila ganji genap memberikan tren positif terhadap tiga aspek, yakni modal share, kecepatan rata-rata kendaraan, sampai waktu tempu perjalanan yang terpotong hingga 50 persen.

Namun demikian, keputuan akhir mengenai penetapan permanen ganjil genap tetap berada di tangan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Karena itu, kepolisian sampai saat ini masih terus berkoordinasi dan menunggu hasil keputusan final yang sedang dipelajari Pemprov DKI.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut Budiyanto, permanen ganjil genap sudah ada dasar pertimbangan, namun memang masih mempersiapkan kajian lain sambil menunggu hasil survei lebih lanjut.

"Kajian berupa survei seperti perbaikan luas lokasi dan waktu, kepuasan pengguna angkutan umum, survei Transjakarta, survei perubahan prilaku ekonomi retial, perubahan pengguna moda angkutan, sampai cost benefit analysis dari kebijakan ganjil genap," kata Budiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/10/22/160300615/capaian-positif-hasil-ganjil-genap-di-jalanan-ibu-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke