Salin Artikel

Tilang Elektronik Bisa Tekan Kecelakaan Lalu Lintas

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE) di jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta dipastikan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas. Alasan utama karena kendaraan bermotor yang melintas di jalan tersebut menjadi lebih tertib dari biasa.

Sebab, jika melanggar polisi akan langsung mengirim bukti dan surat tilang langsung ke alamat pelanggar, berdasarkan hasil dari pantauan kamera CCTV yang sudah terpasang di beberapa titik jalan tersebut.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, penerapan itu diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan, meskipun tahun ini sudah turun dibandingkan tahun lalu, tetapi jika bisa ditekan lagi justru menjadi lebih baik.

“Dengan adanya kegiatan ini kita berharap bisa menekan angka kecelakaan yang cukup tinggi angkanya,” ujar Budiyanto dalam pernyataan resmi, Selasa (16/10/2018).

Seperti diketahui angka kecelakaan dari data Polda Metro Jaya, selama periode Januari-Desember 2017, korban kecelakaan lalu lintas mencapai 6.949 orang. Jumlah ini menurun 4 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 7.200 orang.

“Namun jika dilihat dari jumlahnya tentu angka ini masih sangat tinggi. Pelanggaran lalu lintas menjadi penyebab utama timbulnya kecelakaan,” kata Budiyanto.

Menurut Budiyanto, yang harus dilakukan juga memberikan sangsi, karena itu semua sudah tertuang dalam undang-undang. Semua pihak baik masyarakat atau aparat kepolisian harus saling mendukung agar tercipta Zero Accident.

“Maka kesadaran individu dalam berlalu lintas itu sangan penting. Dengan begitu angka pelanggaran atau kecelakaan lalu lintas akan turun,” ucap Budiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/10/16/130200115/tilang-elektronik-bisa-tekan-kecelakaan-lalu-lintas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.