Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Byson, Suspensi Ini Juga Laris untuk Motor Custom

DEPOK, KOMPAS.com - Suspensi depan milik Yamaha Byson bisa dibilang paling banyak dipakai dalam modifikasi motor custom. Namun selain Byson, ada suspensi motor Yamaha lainnya yang juga disenangi para builder sebagai suspensi pengganti di motor garapannya. Motor tersebut adalah Yamaha Xabre.

Xabre diketahui menggunakan suspensi model upside down. Kompas.com beberapa kali menemukan motor custom yang menggunakan suspensi ini, contohnya Kawasaki Z250 bergaya scrambler yang dipamerkan di stan Evalube pada GIIAS 2018, dan Kawasaki W175 bergaya tracker garapan bengkel Katros Garage milik Presiden Joko Widodo.

Suspensi yang sama juga dipakai bengkel Street Arts Custom (SAC) pada beberapa motor pesanan konsumennya. Saat Kompas.com menyambangi bengkel tersebut, terpantau ada tiga unit motor custom yang menggunakan suspensi Xabre. Ketiganya masih dalam proses pengerjaan.

Pemilik bengkel SAC Arie Indra Perkasa menuturkan, suspensi Xabre memang tergolong cukup diminati. Tapi memang tidak sebanyak Byson. Pasalnya kedua suspensi tersebut punya model yang berbeda sehingga berpengaruh ke harga.

"Kalau Byson kan modelnya teleskopik. Jadi harganya relatif jauh lebih murah dari Xabre," kata Arie saat ditemui di bengkelnya, di Tirtajaya, Depok, Rabu (19/9/2018).

Sebagai contoh, saat ini di toko online, harga suspensi Byson dibanderol pada kisaran Rp 800.000 hingga Rp 2 jutaan. Sedangkan Xabre pada kisaran Rp 4 juta hingga Rp 8 jutaan.

Meski demikian, harga suspensi Xabre tergolong lebih murah dan mudah didapat dibanding suspensi sejenis dari limbah moge. Tak cuma itu, warna kuning yang melekat pada suspensi ini juga dianggap mencitrakan kesan mewah. Jadi bila dipakai pada motor bergaya naked, model upside down-nya sudah tampak walau hanya dilihat sekilas.

"Ada beberapa upside down motor lain yang juga mudah didapat, tapi warnanya tidak sebagus punya Xabre," pungkas Arie.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/19/164200815/selain-byson-suspensi-ini-juga-laris-untuk-motor-custom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke