Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Mobil Toyota yang Siap Euro IV

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pemerintah telah memulai program standar emisi Euro IV pada ajang pameran otomotif Agustus lalu. Bagaimana kabarnya kini termasuk di sisi produsen yang mempersiapkan produk untuk konsumen?

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan Toyota sudah siap mengikuti aturan Euro IV yang rencananya akan dimulai Oktober mendatang.

"Semua ikut Euro IV, yang pasti Oktober mesin itu sudah mengikuti. Jadi kemarin kita fokus ke beberapa model yang merupakan big market kita. Itu dipastikan sudah bisa Euro IV," ucap Soerjo saat ditemui di Singapura, Kamis (13/9/2018).

Soerjo mengungkapkan produk-produk yang siap dengan Euro IV seperti Fortuner, Innova, Avanza Rush, Calya dan Agya. Model ini akan mendapatkan penambahan komponen yakni pada katalitik konverter. Secara teknis, akan ada tambahan pada bagian antara mesin dan sebelum ke pembuangan untuk memenuhi emisi yang ditetapkan.

Toyota sendiri menyatakan tidak akan kesulitan untuk beralih menjadi Euro IV. Ini disebabkan model-model untuk ekspor mereka sudah menggunakan standar emisi Euro IV.

Soal perubahan standar emisi ini, Toyota mengungkapkan pasti ada tambahan biaya. Namun Soerjo mengungkapkan tidak akan 100 persen dibebankan ke konsumen.

"Kita tidak serta merta menaikkan harga karena kita melakukan continuous improvement. Jadi ada biaya yang kita dapatkan biasanya kita bandingkan. Kalau bisa kita balikkan ke konsumen ya dibalikkan, tapi kalau kecil tidak apa-apa," ucap Soerjo.

Penerapan Euro IV bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan kendaraan bermotor. Aturan emisi Euro IV sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Mobil bermesin bensin berlaku mulai September 2018, sementara diesel efektif pada 10 Maret 2021.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/15/090200615/ini-mobil-toyota-yang-siap-euro-iv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke