Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jika Sampai ke Himalaya, Viar Jadi Kebanggaan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang biker  Indonesia bernama Gunadi (41) telah memulai perjalanannya ke Himalaya. Untuk mencapai pegunungan tertinggi di dunia tersebut, Gunadi menggunakan Viar Vortex 250.

Viar merupakan brand sepeda motor rakitan Indonesia. Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menilai merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia jika misi motor buatan Viar bisa sampai ke Himalaya.

"Kita bangga sebagai bangsa Indonesia bisa memproduksi motor sendiri. Ini karya anak bangsa," kata Budi saat acara pelepasan Gunadi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Gunadi akan menempuh perjalanan sepanjang 15.0000 kilometer melintasi enam negara. Total waktu tempuh diperkirakan mencapai 70 hari. Gunadi dijadwalkan akan tiba dan mengibarkan bendera Merah Putih di Himalaya pada peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018.

"Jika nantinya sampai, artinya produksinya bagus dan menunjukan pada dunia inilah Indonesia," ucap Budi.

Viar tercatat mulai eksis di pasar otomotif roda dua di Indonesia sejak awal 2000-an. Selama berkiprah di pasar sepeda motor dalam negeri, penerimaan masyarakat terhadap pabrikan yang bermarkas di Semarang ini harus diakui baru sebatas di segmen niaga.

Dari segi penjualan, produk buatan Viar yang relatif laku di pasaran hanyalah motor gerobak.

Namun kini Viar mulai gencar memperkenalkan motor-motor solo-nya ke pasaran. Jenisnya pun beragam, dari mulai motor listrik, trail, retro, hingga adventure seperti Vortex 250 yang dipakai Gunadi.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan perjalanan ini. Karena selain untuk memperkenalkan Indonesia di mata dunia, kegiatan ini juga akan menguji kemampuan Viar Vortex 250 sebagai kendaraan yang tangguh dan mampu untuk melibas jalanan di segala kondisi," kata Corporate Manager PT Triangle Motorindo Deden Gunawan.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/08/27/120200515/jika-sampai-ke-himalaya-viar-jadi-kebanggaan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke